Advertisement

ads here

Akifis PENA Robinsah Narasumber Pelatihan Jurnalistik untuk Pelajar di Bandung

advertise here
NASIONAL.NEWS - Penulis yang juga aktifis Komunitas Penulis Muda Indonesia (PENA), Robinsah, menjadi narasumber utama dalam pelatihan jurnalistik untuk pelajar dan anak muda yang digelar di Komplek Pondok Pesantren Hidayatullah Kota Bandung, Kamis (22/03/2018).

Kegiatan pelatihan tersebut mengangkat tema "Merangkai Kata Mengukir Dunia" dan dihadiri puluhan pelajar yang umumnya adalah santri dari Pesantren Hidayatullah Bandung.

Dalam pemaparannya, wartawan Majalah Mulia ini mendorong peserta untuk membangun kebiasaan menulis. Sebab, jelasnya, kebiasaan ini adalah tradisi para ulama dan orang-orang shaleh.



Robinsah yang lebih dikenal dengan nama pena Khairil Hibri ini mengemukakan pentingnya penguasaan narasi di tengah gempita persebaran informasi.

Sebab kalau tidak terlibat menciptakan narasi dan meluruskan opini, tegas dia, maka  kita selamanya hanya akan terus terhimpit dalam belantara kegelapan hoaks yang semakin melintang pukang.

Lebih jauh dia mengutarakan bahwa ada salah kaprah selama ini tentang kepenulisan yang seakan-akan hanya bisa dilakukan oleh orang tertentu saja. Padahal tidak sepenuhnya demikian.

Menulis memang hanya bisa dilakukan orang tertentu. Namun, yang disebut "orang tertentu" ini sejatinya bukanlah siapa-siapa pada awalnya. Kemauan keras, latihan keras, dan pengulangan yang terus menerus inilah pemantik lahirnya "orang-orang tertentu" tersebut.

Berangkat dari ihwal tersebut, Robinsah kemudian mengajak segenap peserta untuk menulis dan terus belajar dan berlatih. Dia menegaskan, tidak akan pernah ada karya tulis yang terangkai tanpa upaya dan semangat yang membara api.

Di akhir penyampaiannya, lelaki jebolan  Sekolah Tinggi Ilmu Agama Islam Lukman Al Hakim (STAIL) Surabaya ini menjelaskan beberapa hal-hal tekhnis dalam kepenulisan tingkat dasar. (YOPPIE RAMADHAN) 
Advertisement
BERIKAN KOMENTAR ()