Kamaruddin Amin: Aktivis Rohis Pionir Perubahan dan Pelopor Wawasan Keagamaan

BELITUNG- Dirjen Pendidikan Islam sekaligus Ketua Panitia Rohis 2018 Kamaruddin Amin menyatakan, perkemahan Rohis (Kerohanian Islam) adalah wadah silaturahmi siswa SMA/SMK. Perkemahan ini diharapkan menjadi media tukar menukar informasi penyelenggaraan Rohis. 

"Di salah satu sessi perkemahan ini, mereka akan berkumpul membincang action plan Rohis  mulai di tingkat satuan kerja, hingga nasional," kata Kamaruddin Amin di Bumi Perkemahan Juru Seberang, Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Selasa (06/11).

Di hadapan Menag Lukman Hakim, Wakil Gubernur Bangka Belitung, undangan dan seribuan peserta, Kamaruddin menegaskan bahwa Rohis adalah pionir perubahan dan menjadi pelopor dalam menambah wawasan keagamaan bagi anggota maupun siswa pada umumnya.

Aktivis Rohis selalu menjadi tauladan dalam hal menyeimbangkan antara penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi serta nilai-nilai ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari.

Aktivis Rohis, lanjut Kamaruddin, di samping harus memiliki integritas pribadi dan kekokohan akhlak, seyogyanya juga memiliki prestasi akademik yang baik, sehingga profil manusia muslim yang kaffah dapat tercemin dari pribadi-pribadi pengurus/anggota Rohis tersebut.

"Silaturahim ini menjadi ajang tukar pengalaman dalam pengelolaan Rohis yang produktif di masing-masing sekolahnya," jelas Kamarudin .

Ia menambahkan, tema yang diusung dalam perkemahan Rohis ini adalah Membentuk Generasi Islam Milenial yang Literat dan Moderat. Menurutnya, tema tersebut dipilih sebagai respon trend kekinian dan pertumbuhan generasi milenial.

"Peserta Perkemahan Rohis III tahun 2018 ini sebanyak 988 siswa yang berasal dari 621 SMA/SMK, dari 298 Kab/Kota, dan dari 34 provinsi, dan didampingi oleh 125 pendamping," tandas Kamaruddin Amin.

Kamaruddin Amin pun menutup laporan sebagai Ketua Panitia Rohis dengan dua bait pantun.

"Beli manggis di Pasar Sentral, Ayo makan bersama kawan-kawan,
Anak Rohis generasi milenial, So pasti jadi agen penebar kedamaian" .

"Ada gadis di pasar Sentral, Jual beli buah tomat, 
Anak Rohis generasi milenial, Generasi literat yang juga moderat"

"Semoga Allah SWT senantiasa membimbing langkah kita dan menganugerahkan kekuatan untuk terus berkemampuan mengabdi kepada Nya," tutup Kamaruddin Amin.

KEMENAG

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel