Silatnas III Hidayatullah: Semarak Merekat Ukhuwah, Selaras Langkah di Jalan Dakwah

PADA bulan Juli tahun 1973, ratusan dai hidayatullah menyesaki Kampus Pondok Pesantren Hidaytullah Krang Bugis, Balikpapan, Kalimantan Timur. Selama 3 hari, para kader dai yang datang dari seluruh Indonesia ini berhimpun.

Hari-hari berlangsung semarak terangkai dengan beragam kegiatan bertajuk "Usrah Dai Hidayatullah" yang berpusat kegiatan di masjid ini. Inilah momen kali pertama helatan Silaturrahim Nasional Hidayatullah digelar yang semarak merekat ukhuwah untuk selaras langkah di jalan dakwah. Sebuah kegiatan yang dikemas sedemikian rupa dalam rangka mengukuhkan kembali spirit pengabdian dakwah dan peran maslahat untuk kemanusian.

Selain menerima injeksi spirit dari sang guru, ustadz Abdullah Said. Kala itu para dai juga bergiliran memaparkan kisah suka dan duka dalam mengemban amanah dakwah. Masjid sontak menjadi titik sentral. Pesan-pesan mereka sarat hikmah, namun tentu tetap ada gelak tawa seraya melepas rindu antar sahabat. Tanpa lelah, para dai dengan khusyuk mengikuti rangkaian acara ini dengan khidmat.

Kurang lebih 45 tahun kemudian, pada bulan tanggal 22-25 November 2018 mendatang, akan kembali digelar helatan serupa yakni Silaturrahim Nasional (Silatnas) III Hidayatullah yang mengusung tema "45 Tahun Hidayatullah Berkhidmat Untuk NKRI Bermartabat".

Selama lima hari berada di Kampus Induk Hidayatullah Gunung Tembak, peserta yang diperkirakan 10.000 dai, akan mengikuti berbagai event yang dirancang sesuai kebutuhan dai dengan berbagai profesinya.

Selain agenda umum; pembekalan dai, bedah buku peradaban, dialog antar pengurus lintas generasi hidayatullah, lomba karya ilmiah dai muda Hidayatullah, pelajar dan mahasiswa, pameran karya dai muda Hidayatullah, reuni alumni PTH, jambore SAR dan syabab Hidayatullah, training wirausaha nasional, panitia juga menggelar kegiatan departemental, diantaranya; penugasan dai transmigran, kegiatan hapus tato Sahabat Hijrah, seminar kewirausahaan dan sebagainya.

Tak lupa pula, dalam menghadapi tahun politik 2019, para peserta akan mendapatkan pencerahan tentang politik keumatan dan kebangsaan. Seluruh pesrta akan dibekali tentang politik siyasah, serta bagaiman sikap politik hidayatullah pada pileg dan Pilpres 2019.

Semoga Allah Subhanahu wata a'la memberikan pertolongan, kemudahan, kelancaran dan keberkahan serta ridha-Nya atas terselenggaranya silaturrahim para dai pencinta NKRI ini. Aaamiiin

UST DRS H. TASYRIF AMIN, M.Pd.I 
(Ketua Streering Committe Silatnas III Hidayatullah) 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel