More
    Advertisement

    10 Makanan Khas Indonesia Ini Wajib Kamu Coba!

    Baca Juga

    - Advertisement -

    Selama ini, Sobat Pesona pasti sudah tidak asing dengan pesona kuliner Indonesia yang sangat beragam. Dari kelezatan rendang hingga ke uniknya sate lilit Bali, Indonesia menyajikan aneka cita rasa yang memikat lidah. Kali ini, mari kita telusuri lebih dalam 10 makanan khas yang harus Sobat Pesona coba saat menjelajahi keindahan kuliner Indonesia.

    makanan khas indonesia dan asalnya

    Makanan Khas Indonesia

    1. Rendang: Mahakarya Dari Minangkabau

    Sobat Pesona tentu tidak akan melewatkan kelezatan rendang, sajian utama di Rumah Makan Padang. Dengan bumbu rempah yang khas, rendang dari Minangkabau berhasil meraih predikat makanan terenak nomor 1 versi CNN Travel pada tahun 2017. Nikmati kelezatan daging yang dimasak dengan penuh keahlian.

    2. Pempek Palembang: Kelezatan Sejak Abad ke-16

    Makanan Khas Indonesia selanjutnya adalah Pempek, makanan berbahan daging ikan dan tepung kanji, telah menjadi favorit sejak abad ke-16. Dengan rasa asam, manis, pedas, dan gurih, pempek hadir dalam berbagai jenis, termasuk pempek kapal selam yang terkenal dengan isian telur ayam.

    - Advertisement -

    3. Nasi Goreng: Kelezatan Yang Mendunia

    Nasi goreng, makanan yang sudah mendunia, menyabet peringkat kedua dalam daftar “50 Makanan Paling Enak di Dunia” versi CNN Internasional tahun 2011. Rasanya yang nikmat membuatnya menjadi favorit wisatawan asing yang pertama kali menginjakkan kaki di Indonesia.

    Baca Juga: Rekomendasi Tempat Nongkrong 24 Jam di Jakarta

    4. Gudeg Jogja: Manisnya Jogja dalam Setiap Gigitan

    Selain keindahan panorama, serta budayanya yang terkenal. Jogja, juga memiliki salah satu Makanan Khas Indonesia yang terkenal dengan gudeg. Terbuat dari nangka muda yang diolah dengan santan, gudeg Jogja memberikan sensasi manis yang sempurna. Nikmati dengan nasi hangat, kuah santan kental, ayam kampung, tempe, tahu, dan telur.

    5. Nasi Liwet Solo: Kelezatan yang Gurih Mirip Nasi Uduk

    Setelah puas dengan kuliner Jogja, Sobat Pesona bisa melanjutkan petualangan kuliner ke Solo. Nasi liwet, nasi yang dimasak dengan santan dan memiliki rasa gurih mirip nasi uduk, disajikan dengan suwiran ayam, areh (santan kental), dan sayur labu siam.

    6. Tengkleng Solo: Tradisi Kelezatan dari Tulang Kambing

    Tengkleng, berkuah dan terbuat dari tulang kambing, adalah kuliner yang selalu diminati oleh wisatawan di Solo. Cerita menarik menyertai makanan ini, di mana dulunya hanya bangsawan dan orang Belanda yang mampu menyantap daging kambing, sementara yang lain hanya bisa menikmati kepala, kaki, dan tulang.

    7. Bakso: Bola Daging yang Merakyat

    Bakso, makanan berupa bola daging dari campuran daging sapi giling dan tepung tapioka, dapat ditemukan di seluruh Indonesia. Disajikan dengan kuah kaldu dan berbagai topping seperti mie, tahu, bawang goreng, dan seledri, bakso menjadi kuliner yang merakyat dari kota hingga desa.

    8. Lumpia Semarang: Tipis, Renyah, dan Nikmat

    Lumpia, jajanan terkenal dari Semarang, merupakan hasil olahan tepung beras yang dibentuk tipis dan diisi dengan berbagai macam isian. Dari rebung hingga makanan laut, lumpia Semarang memberikan pengalaman kulinernya sendiri.

    9. Rawon Jawa Timur: Kelezatan Kuah Hitam dari Kluwek

    Makanan Khas Indonesia, selanjutnya yang tidak boleh dilupakan adalah Rawon, sup daging dengan kuah kental berwarna hitam, berasal dari Jawa Timur. Kluwek dicampur dengan potongan daging sapi yang lembut memberikan warna hitam gelap pada kuahnya. Disajikan dengan nasi, tauge, daun bawang, telur asin, dan kerupuk udang, rawon menjadi hidangan khas yang menggugah selera.

    10. Sate Lilit Bali: Keunikan Sate dari Pulau Dewata

    Sate lilit, ikon kuliner Bali, hadir dengan bentuk unik. Daging dibalut dengan adonan dan dipanggang hingga matang. Beda dari sate pada umumnya, sate lilit tidak menggunakan bumbu kacang karena adonannya sudah kaya akan cita rasa.

    Sudah terngiang bagaimana kelezatan kuliner “10 Makanan Khas Indonesia Ini Wajib Kamu Coba!” Pasti seru, kan? Dari rendang yang meleleh di mulut hingga sate lilit Bali yang unik, perjalanan kuliner ini memberikan pengalaman tak terlupakan. Jangan ragu untuk mencoba setiap hidangan, karena masing-masing memiliki cerita dan cita rasa yang istimewa.

    Ayo, buat daftar dan atur perjalanan kulinermu! Bagikan pengalaman dan rekomendasi kamu di kolom komentar. Mari bersama-sama menjaga warisan kuliner Indonesia agar tetap hidup dan terus menggoda lidah para penikmatnya. Selamat menikmati petualangan kulinermu, Sobat Pesona!

    - Advertisement -spot_img
    - Advertisement -spot_img

    Baca Terbaru

    Iklan Layanan Masyarakatspot_img

    Sayang Dilewatkan

    - Banner Advertisement -spot_img