News Breaking
NNTV
wb_sunny

Breaking News

Harapan Dari Kunjungan Anggota DPR RI ke Pulau Sebatik

Harapan Dari Kunjungan Anggota DPR RI ke Pulau Sebatik


Oleh Wamran Sudiri *)

DARI KUNJUNGAN anggota Komisi V DPR RI yang sempat mengalami insiden kecil di perairan Sebatik, hati kecil saya kemudian sering bertanya tanya. Apa sesungguhnya realiasi yang bisa dilihat selanjutnya oleh warga Sebatik dari kunjungan itu?.


Dugaan di atas tentu bagi saya adalah pertanyaan mendasar yang harus dijawab di tengah gejolak kemaruknya resistensi amoralitas dan sifat hipokrasi kiprah bapak bapak, tanpa bermaksud menggeneralisir, di DPR di mata masyarakat akhir akhir ini.

Saya pun menjadi gundah gulana, sebab jangan jangan kunjungan kemarin itu hanya sekedar basa basi yang tak berguna dengan desain begitu rupa, dan tak ada manfaatnya sama sekali untuk masyarakat Sebatik. Artinya tontonan itu hanya akan selesai di situ, tidak ada tindaklanjut. Padahal Sebatik butuh perhatian aktif, dan tidak butuh hanya sekedar argumen dan retorika retorika kosong yang begitu manis di telinga.

Dan yang sering sekali membuat saya benar benar tersenyum lebar adalah pemberitaan insiden kecil yang terjadi di perairan Sebatik yang dialami anggota dewan. Peristiwa itu justru, dalam dugaan saya, sepertinya terlalu dibesar-besarkan sehingga substansi kunjungan akhirnya terabaikan. Tak ada sosialisasi yang bisa dianggap bagus kepada masyarakat secara utuh melalui media terkait kunjungan itu.

Seperti diberitakan media, sebanyak 15 anggota Komisi V DPR RI yang terhormat itu berangkat dari Nunukan menuju ke Pulau Sebatik, Kalimantan Timur, dalam ranga meninjau infrastruktur di daerah perbatasan Indonesia-Malaysia. Tapi kok rasanya saya sangsi, apakah benar benar kunjungan itu terlaksana sebagaimana mestinya? Apakah betul ada peninjauan di lapangan dengan riil atau hanya sekedar menjual nama?

Sebagai masyarakat awam yang tidak paham apa apa, jelas saya melihat situasi rumit seperti ini, maaf, tampak seperti dagelan anggota DPR saja yang begitu sangat memukau. Kok sering sekali dilakukan kujungan kunjungan kerja ke mana mana, tapi apa yang bisa didapatkan dari sana, terutama kami sebagai konstituen yang diwakili.

Sehingga saya sempat tersenyum kecut ketika pada kali waktu salah seorang teman pernah nyeletuk, "Kenapa gak tenggelam aja sekalian,". Mendengar itu, saya langsung menangkap kesan bahwa agaknya masyarakat kita sudah sangat merasa bosan dengan permainan permainan politik yang sedang dilakonkan para birokrat yang parlente itu.

Sekali lagi, sebagai orang awam yang tak paham politik, saya merasa sangat prihatin dan juga khawatir, bahwa jangan jangan perjalanan anggota DPR yang menggunakan uang rakyat yang terbilang banyak tersebut ternyata belakangan tidak berdampak apa apa untuk Pulau Sebatik Indonesia yang sama sama kita cintai ini.

Saya mohon ampun, bapak bapak anggota dewan. Tolong ampuni hamba. Saya hanya berharap agar Bapak bapak yang ada di DPR, tolong, sekali lagi, tolong, buktikan jika Anda semua adalah wakil wakil kami di parlemen. Jangan hanya sibuk membangun citra sementara konstituen Anda lupakan!.


*) Penulis adalah warga yang juga pemuda Pulau Sebatik Indonesia

Tags

Newsletter Signup

Jadilah yang pertama mendapatkan update berita terbaru nasional news langsung di email Anda.