News Breaking
NNTV
wb_sunny

Breaking News

BERITA FOTO: Inilah Wajah Generasi Harapan Masa Mendatang

BERITA FOTO: Inilah Wajah Generasi Harapan Masa Mendatang

KALTIMTODAY -- Sungguh, mereka masih sangat lugu. Parasnya khas wajah anak kampung yang masih terjaga tradisinya. Di masa kecil mereka penuh persabahatan, kekompakan, mungkin kadang bertengkar tapi itu tak lama, mereka lebih senang bersahabat dan menikmati keceriaan hari hari mereka di kampungnya tercinta yang rasanya terpinggirkan itu.

Di pagi hari, setelah Shubuh, mereka masih mengaji Al-Qur'an dengan lamat lamat penuh syahdu. Usai itu kegiatan itu, mereka ke sekolah. Kalau datang banjir menyapa, jarang sekali ada libur karena guru guru mereka pun adalah para pendidik yang tanggung penuh semangat.

Ya, kadang ada guru yang harus melewati rintangan jalanan berlumpur berkilo-kilo meter. Jika tak mampu, kadang motor mereka tinggalkan saja dan melanjutkan berjalan kaki menuju sekolah. Ini riil, Terjadi di sebuah desa bernama Santan, di Kutai Kartanegara. Sejak dulu, dan kini pun kondisinya sebagian masih begitu.

Kita bersyukur, kini anak anak kampung itu sudah ada yang besar, sudah duduk di SMA, ada yang sudah kuliah, dan bergabung dalam dekapan komunitas bernama Kesatuan Pemuda dan Mahsiswa Santan (Kepmas). Saatnya mereka berkiprah, untuk menentramkan hati hati orangtua-orangtua mereka yang sudak tak bisa apa-apa lagi selain mencemeti dengan petuah suci.

Jika tidak bergerak, kita hanya khawatir, jangan sampai kampung ini tergilas dengan kejamnya tuntutan kapitalisme. Sebab mungkin sadar atau tanpa sadar, kampung ini akan benar benar terkulai lemah karena dibebat dan dibabat sekaligus oleh dominasi tambang. Inilah sebagian kecil dari potret itu. Lokasi: Kampung Masigi, Santan Tengah, Kutai Kartanegara.

FOTOGRAFER: Muhammad Azwar/kaltimtoday.com





Tags

Newsletter Signup

Jadilah yang pertama mendapatkan update berita terbaru nasional news langsung di email Anda.