News Breaking
NNTV
wb_sunny

Breaking News

BERITA FOTO: Nyaris Sebulan, Banjir di Santan Tengah Marangkayu Belum Surut

BERITA FOTO: Nyaris Sebulan, Banjir di Santan Tengah Marangkayu Belum Surut

KALTIMTODAY -- Hampir sebulan banjir belum juga surut mengenangi Desa Santan Tengah, Marangkayu, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Puluhan tahun kampung ini digenang banjir tapi tak pernah ada perhatian serius dari pihak terkait baik pemerintah maupun instansi yang berwenang.

Masyarakat tidak dapat berbuat banyak kecuali hanya melakukan upaya kecil saja yang dimampu. Persoalan banjir ini diduga keras disebabkan kondisi sungai Santan yang kian menyempit. Apalagi masyarakat yang dulunya kebanyakan adalah pelaut handal, sekarang sudah jarang berlayar karena tak punya alat yang cukup lagi memadai.

"Seharusnya pemerintah dapat memfasilitasi mereka agar bisa kembali melaut, paling tidak menyediakan kapal, pukat atau mesin kapal. Agar suasana Santan yang dulu dikenal sebagai kampung nelayan kembali hadir. Tapi pemerintah belum bangun," ujar Sudirman Ridwan, warga Jl Pelabuhan Kampung Masjid.

Selain itu, karena banjir ini masyarakat tak bisa mengkonsumsi air bersih karena air sudah tercemar limbah yang menghitam lagi pekat. Menara masjid pun nyaris rubuh karena tanah tempatnya berdiri sudah amblas kian tenggelam ke bawah akibat banjir yang terus mendera.

Sebagian besar masyarakat menduga penceraman yang datang bersama air banjir itu karena maraknya aktifitas tambang di kampung ini. Inilah sebagian potret sisa sisa banjir yang belum juga surut itu. Klik gambar untuk full size.

FOTOGRAFER: Muhammad Azwar/kaltimtoday.com






Tags

Newsletter Signup

Jadilah yang pertama mendapatkan update berita terbaru nasional news langsung di email Anda.