News Breaking
NNTV
wb_sunny

Breaking News

BERITA FOTO: Ketika Pak Guru Mengejar Sinyal Hingga ke Atas Lemari

BERITA FOTO: Ketika Pak Guru Mengejar Sinyal Hingga ke Atas Lemari

KALTIMTODAY -- Mungkin Anda bertanya-tanya, sedang ngapain ya orang itu berdiri di atas kursi sambil sibuk memainkan komputer jinjingnya di atas lemari? Bukankah di situ ada meja untuk sekedar menaruh notebook? Jangan salah, guru di salah satu sekolah menengah di desa Kampung Masigi, Kecamatan Marangkayu, Kutai Kartanegara, ini sedang berinternet menggunakan modem.

Lantaran sinyal layanan jasa seluler di wilayah ini terbilang pelik, sang guru pun "mengejar" sinyal hingga ke atas lemari. Mungkin beginilah sebagian besar nasib guru-guru Indonesia di pedalaman. Mereka, para guru-guru, belum dapat memanfaatkan internet untuk memudahkan pekerjaan mereka karena terbentur buruknya akses jaringan dan juga belum masuknya layanan internet sebagaimana dijanjikan pemerintah.

Seperti diketahui Kementerian Komunikasi dan Informatika telah menjamin bahwa seluruh kecamatan di Indonesia telah tersambung dengan jaringan internet hingga akhir tahun 2012, sesuai dengan program Penyediaan Layanan Internet Kecamatan (PLIK).

Menurut Dirjen Aplikasi Informatika Kemenkominfo Ashwin Sasongko seusai meresmikan INAICTA 2012 di Jakarta, belum lama ini, saat ini pihaknya belum mendapatkan data pasti tentang keberhasilan program yang telah dicanangkan sejak beberapa tahun lalu. Namun, Ashwin memastikan pelaksanaannya harus tuntas akhir tahun ini.

PLIK yang akan dikembangkan di seluruh Indonesia itu, kata Ashwin, diharapkan dapat menghapus kesenjangan komunikasi antarmasyarakat, yang selama ini terkendala oleh luasnya wilayah Indonesia.

Ashwin menekankan pentingnya keberadaan program tersebut sebagai salah satu bentuk kepedulian pemerintah terhadap dunia teknologi informasi dan komunikasi, sehingga diharapkan akan berdampak sinergis terhadap pelaksanaan pembangunan secara umum.

"Harus seratus persen tahun ini. Jika ada kecamatan yang belum tersambung internet segera lapor Kemenkominfo," kata Ashwin sebagaimana dikutip dari kantor berita Antara.

Kita berdoa dan berharap semoga layanan yang dijanjikan pemerintah ini benar-benar dapat terealisasi yang kemudian nanti ikut mendukung peningkatan mutu dan kualitas pendidikan di negeri ini. Seraya dengan itu kita juga tidak boleh lupa bahwa internet punya sisi positif dan negatif. Maka pengelola jaringan dalam hal ini termasuk juga pemerintah serta para pendidiklah yang punya tanggungjawab menjamin terciptanya pemanfaatan internet sehat. Semoga.

FOTO/TEKS: Azwar/kaltimtoday.com





"Sinyalnya ke mana ya, kok hilang lagi?



"Wah, lumayan, ketemu dikit. Bisa dipake kirim file laporan"

Tags

Newsletter Signup

Jadilah yang pertama mendapatkan update berita terbaru nasional news langsung di email Anda.