Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Saatnya Menanti Gebrakan Startup Lokal Kaltim

Sabtu, 07 April 2012 | 11:58 WIB Last Updated 2012-06-18T13:00:16Z


Oleh Yacong B. Halike*


KALTIMTODAY -- SILICON Valley akan bergeser ke Indonesia? Saya kira itu sangat mungkin. Sejauh ini, untuk dataran Asia Tenggara, Singapura memang adalah yang cukup populer disebut-sebut akan menjadi pusat bisnis teknologi internet. Tapi Indonesia rupanya justru punya modal besar untuk menempati posisi itu.

Namun untuk saat ini, kita tak usah dulu membahas itu. Saya justru tertarik untuk melihat Kalimantan Timur (Kaltim) dengan kekayaan dan potensinya yang luar biasa kaitannya dengan fenomena anyar ini. Ini tentu sangat merangsang ditilik secara seksama.

Dan, sepertinya, dalam dugaan saya, belum ada startup digital lokal Kaltim yang mencoba menggebrak sebagaimana dilakukan startup digital wilayah lainnya seperti Bandung, Yogyakarta, dan Jakarta sendiri.

Sayangnya untuk kesempatan ini kita tidak akan berbicara terlalu jauh dulu. Ini hanya catatan pengantar saja. Ke depan, kita akan coba membahas tema seputar potensi dan sumber daya perkembangan startup lokal Kaltim. Kita akan membahas tentang bagaimana potensi dan dinamisnya eksistensi Kaltim yang berpeluang menjadi wilayah yang terus terkembang dengan berbasis hitech-technopreneur.

Sebagai kata kunci dalam pengantar ini, yang harus diketahui bahwa sesungguhnya kekuatan terbesar dari para technopreneur adalah pada PEMANFAATAN TEKNOLOGI dan tidak selalu harus MENCIPTAKAN TEKNOLOGI.

Pertanyaannya sekarang, bagaimana Kaltim berbaur dengan dinamika teknoligi semacam ini, dinamika teknologi informasi dan internet? Sejauh mana respon anak-anak muda (juga generasi tua) di Kaltim melihat gegap gempita bidang ini? Dan juga apakah Kaltim sudah atau telah menggeliatkan gaya entrepreneurship ini?

Insya Allah, jika Tuhan menghendaki, di masa mendatang, mudah-mudahan dapat dalam waktu dekat ini, kita bisa memberikan ulasan-ulasan seputar tema yang menurut saya cukup menarik ini. Pun demikian, pintu tetap terbuka lebar kepada kawan-kawan yang ingin pula ikut memberikan gagasan-gagasannya. Semoga Blogger Kaltim semakin maju!

*Penulis adalah blogger asal Bontang, Kalimantan Timur
×