News Breaking
NNTV
wb_sunny

Breaking News

Akarnya Kuat, Hasilnya Mantap!

Akarnya Kuat, Hasilnya Mantap!

KALTIM TODAY -- “SIAPA yang ingin menjadi orang sukses, angkat tangannya tinggi-tinggi!,”. Begitu pertanyaan seorang trainer kepada para peserta dalam sebuah training. Biasanya semua peserta angkat tangan. Emangnya, siapa yang nggak mau jadi orang sukses, semua pasti mau, iya, kan?.

Ya, benar memang. Sejak awal 2000-an training di Indonesia tumbuh bak jamur di musim hujan. Ada banyak nama lembaga training yang menawarkan berbagai macam program kepada publik yang dijamin dapat memberikan kontribusi positif untuk sebuah keadaan yang lebih baik.

Tak pelak training hari ini menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat Indonesia. Bahkan training sudah menjadi satu keniscayaan untuk bisa meningkatkan hasil produksi yang lebih baik. Entah itu training bagi karyawan, siswa, maupun entrepreneurship.

Karena begitu boomingnya training di negeri ini, tidak saja untuk meningkatkan produktivitas sebuah perusahaan atau peningkatan pelayanan sebuah industri jasa. Bahkan sholat khusuk pun ada trainingnya. Bayangkan, luar biasa bukan?

So what, memang kenapa? Tidak ada apa-apa sih dengan training. Training sedikit banyak memang mendatangkan manfaat dan memompa gairah mereka yang telah mengikutinya. Tetapi di sini perlu disadari bahwa menjadikan training sebagai bahan untuk memompa motivasi diri atau hanya bersandar pada training merupakan pilihan yang kurang bijaksana.

Nah, di sini kaltimtoday.com ingin mengajak pembaca yang tidak bisa mengikuti training mungkin karena biaya yang terlalu tinggi, atau tempat yang relatif jauh dari perkotaan. Jangan sedih, jangan cemas, dan jangan galau. Anda punya kesempatan untuk sukses sejati, meski tanpa ikut training.

Woww..., jadi gimana, dong, caranya? Pertama, bersiaplah menjadi orang yang jujur. Usahakan setiap hari jangan pernah berbohong. Baik kepada teman, guru, orang tua, apalagi kepada Allah SWT. Teruslah bersikap jujur meski sepintas kurang menguntungkan.

Kedua, menempa diri untuk memiliki etos keilmuan dan etos kerja yang prima, sehingga Anda mampu masuk dalam kategori orang yang tidak pernah melewatkan waktu kecuali untuk hal-hal positif yang dapat mendukung masa depan Anda dan eksistensi Anda. Waduh, jadi saya harus selalu serius, dong? Tentu tidak. Anda tetap seperti yang lain, tetap berolahraga, bertamasya, atau mungkin berlibur dan menikmati akhir pekan bersama kerabat.

Ketiga, bersiap menjadi pribadi yang bisa menikmati ketidaknyamanan, kesusahan, dan kekurangan-kekurangan dengan penuh optimisme. Jangan sekali-kali derita atau pun kesulitan hidup sampai menggiring Anda meninggalkan dua hal yang telah Anda bangun sebelumnya. Terus lakukan dan jangan pernah bergeser sesenti sekalipun.

Keempat, jalin silaturrahim, komunikasi dengan sesama, dengan guru, dengan orang-orang yang Anda anggap sukses untuk menyedot sebanyak-banyaknya ilmu dan pengalaman dari mereka.

Kelima, teruslah berdoa dan berharap dengan sangat kepada Allah SWT. Tradisikan pula untuk selalu membaca Al-Qur’an. Dan, jangan pernah berhenti atau jemu dalam berdoa. Sebab boleh jadi disaat semua sudah mustahil, saat itu Allah perlihatkan kekuasaan-Nya dan Anda menjadi orang yang paling bahagia di dunia dan akhirat.

Sebagaimana Nabi Zakaria yang menerima karunia keturunan justru ketika rambutnya telah beruban, tulangnya sudah rapuh, dan matanya telah kabur. Juga Nabi Yusuf yang justru menjadi perdana menteri pada saat beliau berada dalam penjara.

Sebenarnya semua orang bisa meraih sukses. Entah dia kaya atau pun miskin. Semua punya kesempatan yang sama. Pertanyaannya hanya satu, sanggup tidak membangun pondasi paling dasar untuk meraih sukses?.

Lima hal di atas adalah pondasi utama para Nabi dan tidak sedikit orang besar sebelum kita dalam meraih kemenangan dan kejayaan yang spektakuler. Tunggu apa lagi, buruan bangun pondasi sejak kini. Ingat, apabila pondasi telah kuat mengakar, hasilnya pun akan mantap. Berbahagialah![KTC]

Redaksi kaltimtoday.com.

Tags

Newsletter Signup

Jadilah yang pertama mendapatkan update berita terbaru nasional news langsung di email Anda.