News Breaking
NNTV
wb_sunny

Breaking News

Gubernur Awang Hadiri UNCSD 2012 di Brasil

Gubernur Awang Hadiri UNCSD 2012 di Brasil



KALTIMTODAY -- Berdasarkan resolusi 64/236 General Assembly PBB, Konferensi PBB mengenai Pembangunan Berkelanjutan, pada 20 - 24 Juni 2012 akan dilaksanakan The United Nations Conference on Sustainable Development (UNCSD 2012) di Rio De Janeiro, Brasil, sebagai refleksi 20 tahun pelaksanaan KTT BUMI yang dilaksanakan di Rio De Janeiro pada 1992 dan 10 tahun kesepakatan World Summit On Sustainable Development (WSSD) pada 2002.

Pertemuan UNCSD akan dihadiri para kepala negara dan akan menghasilkan kesepakatan yang dituangkan dalam dokumen politik. Dalam kesempatan itu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan menyampaikan pidato.

Delegasi Indonesia terdiri dari Menko Kesra, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Lingkungan Hidup dan berbagai Kementerian, Dewan Nasional Perubahan Iklim (DNPI) dan Dewan Daerah Perubahan Iklim (DDPI) Kaltim dimana Gubernur Kaltim selaku ketuanya.

UNCSD 2012/Rio+20 memiliki dua tujuan utama yaitu untuk menguatkan dan memperbarui komitmen politik terhadap pembangunan berkelanjutan dan melakukan formulasi untuk menghadapi tantangan baru dan mendesak dalam implementasi pembangunan berkelanjutan.

Gubernur Awang Faroek mengatakan bahwa tema besar yang akan diusung dalam UNCSD 2012 adalah Ekonomi Hijau (Green Economy) dalam konteks pembangunan berkelanjutan dan penanggulangan kemiskinan selain masalah kelembagaan untuk penunjang pembangunan berkelanjutan (IFSD) serta refleksi pelaksanaan pembangunan berkelanjutan setelah KTT Bumi pada 2012 dan WSSD 2002.

Gubernur menjelaskan bahwa pertemuan UNCSD 2012 diharapkan dapat memunculkan kesepakatan global baru menangani isu pembangunan berkelanjutan yang secara politis dapat diterima oleh negara anggota. Dewan Nasional Perubahan Iklim (DNPI) telah mematangkan posisi terkait isu-isu Green Economy dan IFSD termasuk kajian agenda 21 di tingkat nasional.

Dewan Daerah Perubahan Iklim Kaltim yang diketuai Gubernur Kaltim dan instansi terkait telah ikut serta dalam proses bottom up konsultasi multi stake holders di tingkat nasional dan rumusan hasil proses konsultasi akan dijadikan acuan dalam menyusun sub misi penyusunan zero draft UNCSD 2102/Rio+20 dan penetapan posisi pemerintah Indonesia terkait isu-isu Green Economy. (ist/hmsprov).

Foto : Gubernur Awang Faroek Ishak menanam pohon sebagai upaya menggugah seluruh warga Kaltim untuk melaksanakan pembangunan yang berwawasan lingkungan melalui program Kaltim Green dengan gerakan satu orang menanam lima pohon ( One Man Five Trees). (dok/humasprov kaltim)


Source: Pemprov Kaltim

Tags

Newsletter Signup

Jadilah yang pertama mendapatkan update berita terbaru nasional news langsung di email Anda.