News Breaking
NNTV
wb_sunny

Breaking News

Jangan Paksa Anak Masuk Sekolah Favorit

Jangan Paksa Anak Masuk Sekolah Favorit

KALTIMTODAY -- Orang tua diimbau agar tidak memaksakan diri mendaftarkan anak masuk di sekolah favorit atau sekolah unggulan yang dinilai baik pada saat Penerimaan Siswa Baru (PSB) tahun ini. Pasalnya, kebebasan anak memilih sekolah diyakini mampu mendukung semangat untuk menjalani pendidikan pada sekolah yang dipilih.

"Saya mengimbau agar orang tua mendaftarkan ke sekolah yang diinginkan anak-anak. Jangan sampai, orang tua memaksakan diri untuk mendaftarkan anaknya di sekolah yang dianggap favorit. Sebab belum tentu sekolah yang dipilih orang tua membuat anak senang dan nyaman belajar di sekolah pilihan orang tua," kata Kepala Dinas Pendidikan Kaltim, H Musyahrim, Senin (18/6) lalu.

Imbauan agar orang tua tidak memaksakan diri mendaftarkan anak ke sekolah favorit, selain harus menyesuaikan pilihan sang anak juga untuk menghindarkan penumpukan siswa yang mendaftar pada satu sekolah tertentu.

Musyahrim menegaskan, saat ini mutu pendidikan di Kaltim sudah merata dan sama, sehingga tidak perlu lagi khawatir dengan sekolah yang tidak favorit. Mutu tersebut dapat dilihat dari beberapa indikator, misalnya, sekolah yang tidak difavoritkan di daerah, ternyata mampu melahirkan siswa yang berprestasi.

Contohnya, lanjut dia, siswa SDN 010 Kecamatan Bongan, Kutai Barat, ternyata mampu meraih prestasi menjadi juara pada olimpiade matematika tingkat provinsi untuk jenjang Sekolah Dasar (SD).

"Jadi, biarkan anak memilih sekolah sesuai dengan keinginan mereka. Karena saat ini mutu pendidikan semua sama, baik negeri dan swasta, favorit dan tidak favorit," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Samarinda, H Harimurti mengatakan PSB di Samarinda akan dimulai pada 20-23 Juni 2012 untuk jenjang SMA dan SMK. Kemudian, pada jenjang SMP, MTs, SD dan MI dilaksanakan pada 25-28 Juni 2012. (jay/hmsprov)

Foto : H Musyahrim,

Tags

Newsletter Signup

Jadilah yang pertama mendapatkan update berita terbaru nasional news langsung di email Anda.