News Breaking
NNTV
wb_sunny

Breaking News

Membangun Perbatasan Jangan Cuma di Atas Meja

Membangun Perbatasan Jangan Cuma di Atas Meja


KALTIMTODAY -- Kepala Badan Pengelola Kawasan Perbatasan dan Daerah Tertinggal (BPKPDT) Kaltim Frederik Bid menegaskan, membangun perbatasan sudah seharusnya bukan sebatas melakukan rapat, tanpa aksi nyata di lapangan. Rakyat perbatasan yang masih tertinggal saat ini memerlukan bukti nyata pembangunan secara langsung menyentuh masyarakat.

"Membangun perbatasan tidak mungkin dilakukan hanya dengan rapat diatas meja. Kementerian di Jakarta harus mengerti kondisi ini. Perbatasan adalah beranda NKRI, bukan sekedar simbol atau jargon. Mereka harus benar-benar disentuh dengan program pembangunan yang nyata," kata Frederik.

Frederik menambahkan, dengan kemampuan dan kewenangan yang dimiliki, Pemprov Kaltim dengan dukungan DPRD Kaltim telah melakukan perjuangan terbaik dalam upaya membangun masyarakat perbatasan.

Namun harus diakui, bahwa daerah memiliki kemampuan sangat terbatas. Untuk mempercepat laju pertumbuhan kawasan perbatasan, seharusnya pemerintah pusat melalui kerjasama Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) dan kementerian terkait menyusun program yang jelas dan sesuai kebutuhan masyarakat setempat.

Masyarakat perbatasan kata Frederik, saat ini memerlukan ketersediaan infrastruktur yang baik, serta sarana komunikasi dan program lain yang pada akhirnya memberi pengaruh terhadap upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Dia juga menegaskan pihaknya siap bekerjasama dengan semua pihak yang memiliki perhatian besar untuk memajukan kawasan perbatasan.Sebagai leading sector di level provinsi, BPKPDT sangat siap bersinergi dengan instansi terkait di level provinsi, kabupaten dan kementerian terkait di Jakarta.

Selain itu, Frederik juga berharap dukungan media cetak dan elektronik untuk menginformasikan pentingnya pembangunan dilakukan di kawasan perbatasan. Menurut dia, para pelaku media massa harus memiliki kepedulian yang sama sebagai komponen anak bangsa untuk berkontribusi membangun perbatasan. (sar/hmsprov).

Tags

Newsletter Signup

Jadilah yang pertama mendapatkan update berita terbaru nasional news langsung di email Anda.