Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Perusahaan Jangan Hanya Mengutamakan Bisnis

Sabtu, 23 Juni 2012 | 06:00 WIB Last Updated 2012-07-05T01:06:22Z
KALTIMTODAY -- Menteri Pertahanan (Menhan) Purnomo Yusgiantoro mengharapkan agar perusahaan yang beroperasi di Kaltim dapat memberikan multiplier effect (efek ganda) bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat dan pembangunan daerah. Hal itu dikatakan saat meresmikan pabrik ammonium nitrate, Kaltim Nitrate Indonesia (KNI) di Bontang, beberapa waktu lalu.

"Keberadaan perusahaan di suatu daerah tentunya mampu menghasilkan multiplier effect bagi pemerintah daerah khususnya masyarakat sekitar. Sehingga tidak melulu berorientasi bisnis semata," kata Purnomo.

Selain akan menghemat devisa negara, juga dapat menciptakan dan membuka lapangan kerja baru terutama bagi masyarakat di daerah khususnya putra-putri yang berada di sekitar operasional perusahaan.

Purnomo mengimbau agar setiap perusahaan yang akan beroperasi di daerah lebih mengutamakan tenaga kerja dari warga setempat. Tentunya ini akan memberikan efek yang besar bagi peningkatan kesejahteraaan melalui pemberdayaan penduduk sekitar.

Terutama akan meningkatkan kegiatan ekonomi ikutan bagi masyarakat dan daerah, selain pembangunan dan peningkatan taraf hidup masyarakat akan terlihat bahkan terus mengalami peningkatan menuju sejahtera.

Karenanya, perhatian dan dukungan perusahaan bagi pengembangan serta pemberdayaan masyarakat sekitar hendaknya sudah menjadi suatu kewajiban.

"Sebab peranan masyarakat juga sangat besar terhadap keberlangsungan operasional perusahaan," jelasnya.

Sebaliknya keterlibatan masyarakat mutlak menurut Purnomo. Bahkan, dia mengharapkan agar asset industri di setiap daerah dapat terjaga dengan baik berimbang terhadap multiplier effect yang diberikan perusahaan itu.

"Saya berterima kasih kepada pemerintah daerah baik gubernur maupun kepala daerah kabupaten dan kota serta DPRD terlebih tokoh-tokoh dan seluruh elemen masyarakat untuk menjaga keharmonisan dan dukungan atas kegiatan investasi di daerah," harapnya.

Apalagi lanjut Purnomo, kondisi yang harmonis ini akan memberikan signal kepada internasional community (komunitas dunia usaha internasional) bahwa daerah ini merupakan tempat kondusif untuk berinvestasi.

"Jadi kalau kehadiran pabrik atau kehadiran perusahaan seperti ini memberikan kenyamanan bagi para investor tentunya akan menjadi daya tarik tersendidi bagi investor lain untuk datang dan berinvestasi di daerah ini," jelas Purnomo.(yans/hmsprov).

Foto : Menteri Pertahanan (Menhan) Purnomo Yusgiantoro (tengah) meninjau kawasan pabrik ammonium nitrate, Kaltim Nitrate Indonesia di Bontang.(yayan/humasprov kaltim)
×