News Breaking
NNTV
wb_sunny

Breaking News

Wow...Samarinda Bakal Jadi Kota Vocasional

Wow...Samarinda Bakal Jadi Kota Vocasional


KALTIMTODAY -- Samarinda akan diarahkan menjadi salah satu kota vocasional atau kota keterampilan. Terkait dengan itu, Ibukota Kaltim ini akan dibangun sekolah kejuruan lebih banyak dibanding sekolah umum untuk tingkat lanjutan atas.

"Samarinda akan menjadi contoh untuk pengembangan program sekolah kejuruan, setelah Balikpapan. Bersama Balikpapan, Samarinda akan menjadi barometer keberhasilan pelaksanaan program pendidikan kejuruan di daerah," kata Kepala Dinas Pendidikan Kaltim, H Musyahrim.

Menurut Musyahrim, sesuai keinginan Gubernur Awang Faroek agar rasio Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) lebih banyak dari Sekolah Menengah Umum (SMU). Perbandingannya adalah 70 persen SMK dan SMU hanya 30 persen dari seluruh sekolah tingkat atas di daerah ini.

Program pembangunan SMK yang lebih banyak dibandingkan SMU harus terwujud pada 2013. Kebijakan ini telah berimbas terhadap pesatnya pertumbuhan SMK sebagai sekolah unggulan di Samarinda dengan berbagai program keahlian ataupun keterampilan.

Kebijakan ini penting dilakukan dengan langkah strategis terutama dalam upaya mempersiapkan tenaga berpendidikan dan memiliki keterampila atau keahlian terhadap suatu bidang usaha ataupun keilmuan.

Sejauh ini, output atau siswa lulusan SMK ternyata memberikan kontribusi sekaligus mengurangi jumlah pengangguran dan menekan angka kemiskinan, sebab saat lulus dari pendidikan langsung terserap oleh lapangan kerja.

Selain itu, pembangunan sekolah kejuruan ini akan disesuaikan dengan pangsa pasar atau kebutuhan tenaga kerja. Walaupun konsekuensinya pemerintah daerah baik provinsi maupun kabupaten dan kota harus menambah anggaran untuk mendukung pembangunannya.

Namun demikian, dukungan pembangunan SMK tidak semata tanggungjawab pemerintah daerah, tetapi juga melibatkan pihak swasta untuk pembangunan maupun kerjasama lain yang berkaitan dengan keberadaan SMK tersebut.

"Guna mendukung keberhasilan program ini, tentunya keterlibatan swasta baik dunia usaha maupun industri ikut berperan, terutama untuk mendukung keberlangsungan SMK hingga lulusan sekolah secara langsung bisa diserap pasar kerja," ucap Musyahrim. (yans/hmsprov).

Foto : Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak menyaksikan hasil keterampilan siswa salah satu SMK di Tarakan yang mampu merakit sepeda motor.(dok/humasprov kaltim)

Source: Pemprov Kaltim

Tags

Newsletter Signup

Jadilah yang pertama mendapatkan update berita terbaru nasional news langsung di email Anda.