News Breaking
NNTV
wb_sunny

Breaking News

27 Miliar Untuk Jalan Nasional Loa Janan-Tenggarong

27 Miliar Untuk Jalan Nasional Loa Janan-Tenggarong

KALTIMTODAY -- Ruas jalan Loa Janan-Tenggarong merupakan akses utama bagi masyarakat Kaltim di Samarinda dan sekitarnya menuju Kabupaten Kutai Barat. Ruas jalan sepanjang 26 kilometer itu merupakan jalan nasional, yang pembiayaannya bersumber dari APBN.

"Pada 2012, peningkatan dan pemeliharaan ruas jalan tersebut mendapatkan alokasi anggaran dari APBN sebesar Rp27 miliar, yang terbagi menjadi dua paket," ujar Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Kaltim, H Suheriyatna, Senin (11/6) lalu.

Suheriyatna menjelaskan untuk paket pertama nilainya sebesar Rp12 miliar, meliputi pekerjaan pengaspalan jalan di daerah Loa Kulu, pekerjaan rigid pavement untuk ruas jalan rusak di daerah Loa Duri, dan pelebaran ruas jalan menjadi delapan meter. Kemudian, untuk paket kedua senilai Rp15 miliar melalui Sisa Anggaran Lain (SAL) dari APBN, yang saat ini sudah memasuki tahapan lelang.

"Karena merupakan jalur utama untuk ke Kubar, tentu saja ruas jalan tersebut mengalami penurunan konstruksi, dan Pemprov dengan dana dari APBN saat ini melakukan perbaikan fungsional dulu untuk penanganan," jelasnya.

Ia menambahkan, Pemprov sebenarnya berkeinginan untuk melebarkan ruas jalan Loa Janan-Tenggarong pada tahun-tahun berikutnya, namun masih terkendala dengan ketersediaan lahan.

Pemprov melalui Dinas PU juga sudah meminta secara tertulis kepada Pemkab Kutai Kartanegara, dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum Kukar, untuk melakukan reklamasi ulang kawasan tepian sungai di sepanjang ruas jalan Loa Janan-Tenggarong.

"Sejak tahun lalu Pemprov sudah menyurati Dinas Dinas PU Kukar, dan mereka sudah menyanggupi secara perlahan untuk melakukan pembebasan lahan, terutama jalur dari arah Tenggarong menuju Loa Janan," tambahnya.

Reklamasi ulang kawasan tepian sungai tersebut, menurutnya akan memberikan dampak positif bagi Pemkab, karena jika dapat dilakukan penurapan maka akan memperindah dan mempercantik wajah kota khususnya di kawasan tepian sungai, serta dapat meminimalisir potensi longsor yang ada pada kawasan itu. (her/hmsprov).

Tags

Newsletter Signup

Jadilah yang pertama mendapatkan update berita terbaru nasional news langsung di email Anda.