News Breaking
NNTV
wb_sunny

Breaking News

Awang Janji 2013 Jalan Palaran Mulus

Awang Janji 2013 Jalan Palaran Mulus

KALTIMTODAY -- Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak bersama ribuan warga Palaran menyaksikan pagelaran wayang kulit di Kelurahan Bukuan, Senin malam (12/6) lalu. Pagelaran wayang kulit kali ini menghadirkan dalang kondang Ki Anom Suroto dari Solo Jawa Tengah.
Gubernur Awang Faroek Ishak pada kesempatan itu, menjelaskan tentang sejumlah program pembangunan di Kaltim. Di antaranya berusaha terus meningkatkan pelayanan masyarakat an pembangunan segala bidang di daerah ini.

"Saya minta warga tetap saling menjaga kerukunan, persatuan dan kesatuan sehingga Kaltim tetap kondusif dan aman untuk kita semua. Saya yakin warga Jawa mampu menjaga kerukunan dengan falsafah di mana bumi dipijak disitu langit dijunjung," kata Awang yang malam itu mengenakan blangkon (topi tradisional khas Jawa).

Dalam kesempatan itu, Awang juga menjelaskan tentang perpindahan operasional Pelabuhan Peti Kemas dari Pelabuhan Samarinda ke Palaran yang merupakan kesepakatan bersama Pemprov Kaltim dan Pemkot Samarinda.

"Kita sudah sepakat bersama instansi terkait sudah memutuskan Pelabuhan Samarinda pindah ke Palaran, dengan catatan jalannya kita bangun," kata gubernur.

Karena itu, dia minta warga palaran bersabar terkait dengan kondisi jalan poros Palaran yang rusak parah. Awang mengatakn saat ini pengerjaan jalan tersebut terus dilakukan. Kalau aktivitas pelabuhan pindah ke Palaran, Pembangunan Jembatan Mahkota II bisa dilanjutkan, seiring dengan masuknya bantuan anggaran dari Kementerian PU.

"Percayalah Pemprov Kaltim akan terus membantu Samarinda dalam pembangunan ini. Karena itu saya minta masyarakat khususnya warga Palaran untuk ikut membantu tentunya menjaga kelancaran pembangunan," tegasnya.,

Kemudian Awang memanggil kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kaltim M Taufik Fauzi yang ikut hadir dalam pergelaran wayang kulit itu.

"Saya sengaja mengajak orang yang bertanggung jawab masalah pembangunan jalan Palaran, biar masyarakat paham. Kenapa saya ajak karena saya sudah tahu masyarakat Palaran pasti menanyakan pembangunan jalan," ungkap gubernur yang disambut tepukan tangan warga.

Dihadapan masyarakat Palaran M Taufik Fauzi menjelaskan, pembangunan jalan poros Palaran yang menjadi akses menuju Pelabuhan Peti Kemas Palaran bukan berjalan lamban.

Dia bahkan memastikan, proyek ini akan tuntas dan mulus pada 2013. Pengerjaan proyek multi years sepanjang 18 kilometer terus dikebut siang dan malam.

"Tidak benar kalau pengerjaannya lamban. Siang malam proyek jalan Palaran terus dikebut agar selesai sesuai target. Metode kerja sengaja dikerjakankan sisi kiri dulu," kata Taufik Fauzi.

Dia mengakui, kendala proyek ini karena mobilitas jalur lalu lintas sangat tinggi sehingga secara langsung menganggu pengerjaan jalan. Akibatnya, metode kerja ikut berubah. Hingga saat ini progress pengerjaan jalan tersebut sudah mencapai 12 persen.

Persentase tersebut diakuinya memang masih kecil. Namun setelah dilakukan pengecoran badan jalan, maka progress persentasenya pun akan beranjak signifikan.

"Saya harap masyarakat bersabar. Sesuai target pada Juli 2013 jalan bakal mulus dengan sistem cor beton dan dua jalur. Jadi sekali lagi, tidak benar kalau ada yang menilai pengerjaannya lamban sebab pekerjaan proyek terus dilakukan," jelasnya.

Pada pagelaran itu, Ki Anom Surota membawakan cerita pewayangan Babat Alas Wonomarto. Ribuan warga juga tampak menikmati cerita tersebut. Pada sesi limbukan (komedi) gubernur menyumbangkan lagu berjudul Cucak Rowo berduet bersama pelawak Kirun.(sar/hmsprov).

Foto : Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak menyerahkan tokoh wayang Bima kepada Dalang Ki Anom Suroto. (sarjono/humasprov kaltim)

Tags

Newsletter Signup

Jadilah yang pertama mendapatkan update berita terbaru nasional news langsung di email Anda.