News Breaking
NNTV
wb_sunny

Breaking News

Balikpapan Kota Metropolitan Seperti Eropa?

Balikpapan Kota Metropolitan Seperti Eropa?


KALTIMTODAY -- Gubernur Kaltim DR H Awang Faroek Ishak mendukung Kota Balikpapan sebagai kota metropolitan. Awang bahkan mempersilahkan Walikota Balikpapan Rizal Effendi untuk mencari sister city atau kota kembar sejenis di Eropa atau di Amerika Serikat agar dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan kemajuan Balikpapan. 

Hal tersebut ditegaskan Awang saat melakukan diskusi dan presentasi dengan jajaran Pemerintah Kota Samarinda, Kamis malam (5/7) membahas pengelolaan Sungai Mahakam dan Sungai Karang Mumus untuk tujuan wisata masa mendatang di Dermaga Samarinda.

Menurut Awang, ia mendukung pembangunan pusat perbelanjaan besar (super mall) di bekas lahan eks Puskib (Pusat Kegiatan Islamiah Balikpapan) itu karena dari sisi pendanaan yang besar pemerintah tidak mungkin melakukannya dari sumber APBD. Sebab itu, kehadiran swasta tidak perlu dihalang-halangi, asalkan semua prosesnya dilakukan secara benar sesuai prosedur.

Menurutnya, Kota Balikpapan sangat pantas didorong menjadi kota metropolitan dengan berbagai fasilitas internasional, termasuk fasilitas pusat perbelanjaan, hotel, convention hall dan lain-lain dengan standarisasi kelas dunia.

Awang mencontohkan Trans Studio di Bandung yang baru saja diresmikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Kota Bandung, ujar Awang Faroek telah menjadi pusat tujuan berlibur dan berbelanja negara-negara lain seperti Malaysia dan Singapura.

"Seluruh komponen dan masyarakat harusnya bersyukur dan mendukung pembangunan super mall tersebut karena ada investor yang mau menanamkan modalnya di Kaltim. Makanya, mari kita dukung, jangan dipersulit ataupun dihalang-halangi," tegasnya dikutip kaltimtoday.com dari laman Pemprov Kaltim.

Ditegaskan Awang, tidak ada alasan untuk tidak setuju dengan pembangunan super mall tersebut karena segala perijinan telah dilengkapi. Gubernur tidak mungkin mendukung program pembangunan super mall tersebut jika prosedurnya tidak benar.

Apalagi Awang menilai, Kota Balikpapan merupakan kota yang sangat peduli dengan perkembangan ruang terbuka hijau, memperhatikan aspek sosial kemasyarakatan dan lingkungan hidup dalam penataan kotanya.

"Jadi mari kita dukung Balikpapan sebagai kota metropolitan, sebagai kota tujuan dunia dengan segala fasilitas internasionalnya. Kalau Gubernur dan Walikota sudah setuju dengan pembangunan super mall tersebut, mengapa harus ribut-ribut," ujarnya. (yul/hmsprov)

Tags

Newsletter Signup

Jadilah yang pertama mendapatkan update berita terbaru nasional news langsung di email Anda.