News Breaking
NNTV
wb_sunny

Breaking News

Delegasi Brunei Tertarik Potensi Pertanian Kaltim

Delegasi Brunei Tertarik Potensi Pertanian Kaltim


KALTIMTODAY -- Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak didampingi Kepala BPPMD HM Yadi Sabianoor, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, H Iwan Mulyanan dan Kepala Dinas Peternakan, H Ibrahim melakukan pertemuan dengan delegasi Brunei Darussalam, di sela acara The 10th BIMP-EAGA Natural Resources Development (NRD) Cluster Meeting, di Hotel Grand Jatra, Balikpapan.

Dalam pertemuan tersebut delegasi Brunei yang terdiri dari Pangeran Yang Mulia Kesteria Yusuf, bersama dua pengusaha Brunei, yaitu Mahmud Mohd Daud dan Haji Abdul Saman dari Abdul Saman Ahmad Freight Forwarding Sdn Bhd (ASAFF) menyatakan ketertarikan mereka atas potensi pertanian dalam arti luas di Kaltim.

Awang Faroek bersama SKPD terkait menyambut baik ketertarikan delegasi Brunei terhadap potensi pertanian di Kaltim. Untuk itu, ia menginginkan adanya tindak lanjut dari pertemuan ini.

"Jika perlu dalam waktu dekat kita akan tindak lanjuti dengan penandatanganan memorandum of understanding (MoU) antara kedua belah pihak, dan setelah itu kerjasama dijalankan," kata Awang.

Menurutnya, selama ini Brunei banyak membeli komoditas dari Kaltim, tetapi melalui Malaysia. Ia mencontohkan beras Adan dari Krayan yang banyak dikonsumsi warga Brunei, namun beras tersebut sudah dikemas dan dijual oleh Malaysia kepada Brunei. Kemudian, sapi-sapi dari daerah Kaltim bagian utara yang dibeli oleh Malaysia untuk dijual kembali di Brunei.

"Jika bisa langsung, untuk apa melalui perantara lewat negara lain. Kerjasama ini nantinya harus bisa dimanfaatkan secara maksimal," tegasnya.

Untuk mendukung kerjasama tersebut, kedua belah pihak juga berencana akan membuka rute penerbangan Balikpapan-Bandar Seri Begawan dan Berau-Bandar Seri Begawan.

"Kita akan menjajaki untuk membuka rute penerbangan langsung Kaltim-Brunei. Dengan itu, kita bisa mengembangkan potensi perdagangan, pariwisata dan sektor lainnya, baik di Kaltim maupun Brunei," katanya.

Selepas pertemuan tersebut, delegasi Brunei didampingi Pemkot Balikpapan, meninjau pembangunan Bandara Sepinggan sebagai salah satu sarana penunjang kerjasama kedua belah pihak. (her/hmsprov)

Foto : Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak didampingi Kepala BPPMD HM Yadi Sabianoor dan Kepala Dinas Peternakan, H Ibrahim, (kiri) menerima delegasi Brunei Darussalam yang dipimpin Pangeran Yang Mulia Kesteria Yusuf, bersama dua pengusaha Brunei, Mahmud Mohd Daud dan Haji Abdul Saman(kanan).(johan/humasprov kaltim)


Source: Pemprov Kaltim

Tags

Newsletter Signup

Jadilah yang pertama mendapatkan update berita terbaru nasional news langsung di email Anda.