News Breaking
NNTV
wb_sunny

Breaking News

Industri Hilir Peternakan Jadi Perhatian

Industri Hilir Peternakan Jadi Perhatian


KALTIMTODAY -- Pengembangan agribisnis merupakan bagian penting dari program pembangunan pertanian untuk memperkuat perekonomian nasional dan regional. Salah satunya juga bisa dikaitkan dengan program pembangunan industri hilir peternakan. 

Menurut Kepala Dinas Peternakan Kaltim H Ibrahim, industri hilir peternakan meliputi penanganan pasca panen, pengolahan dan pemasaran hasil peternakan termasuk keamanan pangan asal ternak terkait dengan Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmavet).

"Untuk menguatkan komitmen itu dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan di subsektor ini, maka Disnak Kaltim telah menggelar pertemuan koordinasi/sosialisasi serta pelatihan pelaku usaha pengolahan dan pemasaran hasil peternakan (PPHP) serta penanganan pasca panen, sekaligus bimbingan teknis dan managemen agroindustri peternakan," kata Ibrahim, belum lama ini.

Kegiatan ini untuk meningkatkan koordinasi pelaksanaan penanganan pasca panen dan PPHP antara pusat, provinsi maupun kabupaten/kota, serta untuk meningkatkan dan memberdayakan pengetahuan dan keterampilan para pelaku usaha agribisnis peternakan, terutama meningkatkan pangsa pasar produk.

Selain itu, kegiatan ini guna menyamakan persepsi dan pengetahuan aparat peternakan dalam pengawalan dan pembinaan penanganan pasca panen dan PPHP agar mampu mengakses teknologi pasca panen, pengolahan hasil serta informasi pasar.

Dikatakannya, pembangunan pasca panen maupun PPHP adalah membangun sistem dan usaha-usaha di bidang pengolahan hasil peternakan yang menghasilkan produk segar, produk olahan utama, produk ikutan dan produk limbah serta pembangunan pemasarannya baik pasar domestik maupun internasional.

Sehingga melalui kegiatan usaha ini, mampu menumbuhkembangkan industri pengolahan hasil peternakan di pedesaan dalam upaya meningkatkan daya saing dan nilai tambah subsektor peternakan, menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Pembangunan peternakan pada dasarnya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kaltim. Berbagai upaya dilakukan untuk mewujudkan peternakan yang lebih baik, terutama dalam mendukung mewujudkan Kaltim Bangkit 2013 dengan Mewujudkan Kaltim sebagai Pusat Agroindustri dan Energi Terkemuka Menuju Masyarakat Adil dan Sejahtera," jelas Ibrahim.

Pertemuan koordinasi/sosialisasi PPHP diikuti 25 peserta dan sosialisasi penanganan pasca panen komoditas peternakan dan Bimbingan teknis managemen serta Pelatihan pelaku usaha Agroindustri dan Pemasaran hasil peternakan masing-masing diikuti 40 peserta dilaksanakan 19-24 Juni lalu. (yans/hmsprov)


Sumber: Humas Pemprov


Foto: Ibrahim/Humas Pemprov

Tags

Newsletter Signup

Jadilah yang pertama mendapatkan update berita terbaru nasional news langsung di email Anda.