News Breaking
NNTV
wb_sunny

Breaking News

Inilah Kunci Sukses yang Tak Boleh Dilupakan!

Inilah Kunci Sukses yang Tak Boleh Dilupakan!


KALTIMTODAY -- “SIAPA yang belum pernah mendengar kata networking", tanya seorang pembicara yang sedang membawakan materi tentang perlunya kerja sama pada mahasiswa tingkat pertama sebuah universitas. 

Networking, ya kata ini amat menarik dibicarakan. Selain indah juga akan sangat bermanfaat besar jika diaplikasikan dalam kehidupan. Mau dalam lingkup keluarga, sekolah, masyarakat apalagi bangsa dan negara. Wah, luar biasa pokoknya.

Secara bahasa networking berarti kerja sama. Yaitu sekumpulan manusia yang memiliki tempat dan kedudukan berbeda namun bergerak untuk satu tujuan yang hasil dari proses yang dilakukan dibagi sesuai dengan ketentuan yang telah disepakati.

Mereka yang terlibat dalam bisnis Multi Level Marketing (MLM) sangat paham dengan apa itu networking. MLM menjadi pilihan beberapa perusahaan sebagai strategi cepat untuk bisa bersaing dan dikenal masyarakat. Dengan sistem seperti itu maka perusahaan tidak perlu biaya periklanan media yang nilainya relatif tinggi.

Eit.., sekarang kita tidak sedang membahas soal bisnis Networking MLM, loh. Tetapi lebih pada apa itu kerjasama. Siapapun, di mana pun, dan kapan pun, manusia tidak bisa hidup seorang diri. Ia butuh orang lain untuk bekerja sama.

Marcus Aurelius mengatakan bahwa, "Kita dilahirkan untuk bekerjasama, seperti kerja sama antara kaki, tangan, alis, dan rahang bagian atas serta bawah". Artinya, manusia akan sampai pada tujuan besar bersama manakala kerja sama dalam pengertian yang sesungguhnya benar-benar dapat diterapkan dengan baik.

Contoh kasus, ambil satu lidi dan gunakan sebatang lidi itu untuk membersihkan halaman rumah. Tentu satu lidi itu tidak berdaya guna. Tetapi kumpulkan 100 batang lidi lalu ikat dalam satu ikatan, dan sapulah halaman rumah yang penuh dengan dedaunan, niscaya bersihlah halaman rumah itu.

Kasus berikutnya, ambillah beras di baskom dengan jari telunjuk saja. Niscaya tidak ada beras yang dapat diambil kecuali hanya beberapa butir beras saja. Tapi, gunakanlah semua jari-jemari Anda dari kedua tangan Anda untuk mengambil beras di baskom, sudah pasti banyak yang dapat diangkut. 

Jangankan beras, saat manusia kehausan dan tidak ada alat apapun untuk mengambil air di sumber air, maka rapatnya 10 jari-jemari dari dua tangan manusia mampu menampung air untuk memenuhi rasa haus dalam tenggorokan. Luar biasa, bukan?

Ini ada contoh nyata. Kerja sama antara Gerald I. Nierenberg dan Hendry H. Calero melahirkan sebuah buku berjudul ‘How to Read a Person Like a Book’. Buku yang terbit di New York pada tahun 2006 itu telah dicetak ulang sebanyak 25 kali dalam tempo tiga tahun.

Begitu juga dengan John M. Echols dan Hassan Shadily yang bekerja sama melahirkan Kamus Inggris Indonesia yang sangat populer di kalangan mahasiswa tanah air. Bahkan kamus tersebut menjadi kamus standar di hampir semua perguruan tinggi di Indonesia.

Jadi kerja sama adalah hal perlu. Dua contoh karya tulis di atas adalah bukti nyata adanya kerjasaama yang sesungguhnya. Hal ini juga disadari oleh founding father Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sampai akhirnya muncullah Sila ke Empat yang berbunyi; "Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan dan perwakilan"

Kata permusyawaratan menunjukkan bahwa kerja sama adalah bagian tak terpisahkan dari konstitusi negara kita. Sayangnya, dalam praktik keseharian, tidaklah demikian adanya. Malah jauh diambil orang asing. 

Kesadaran networking tumbuh begitu kuat di negara-negara Eropa. Setelah tidak mungkin lagi melakukan penjajahan, semua negara Eropa bergabung dalam satu kesatuan yang disebut dengan Euro. Kita mengenalnya dengan sebutan Uni Eropa; Persatuan dan kesatuan Eropa. 

Pantas jika pepatah kemudian mengatakan, seribu teman itu sedikit dan satu musuh itu sudah sangat banyak. Artinya kita perlu kerja sama dengan orang lain. Tidak ada keberhasilan tanpa kerja sama yang baik dan handal. 

Tags

Newsletter Signup

Jadilah yang pertama mendapatkan update berita terbaru nasional news langsung di email Anda.