News Breaking
NNTV
wb_sunny

Breaking News

Inilah Tips Mudik Asyik Ala Kaltimtoday.com

Inilah Tips Mudik Asyik Ala Kaltimtoday.com


Suasana penumpang menanti bus di sekitar Terminal Lempake, Samarinda.

KALTIMTODAY -- Pernah melihat atau justru malah mengalami sendiri ketinggalan barang penting ketika dalam perjalanan?. "Waduh lupa, padahal tadi kameranya sudah saya taruh di meja". Begitu kira-kira kondisi orang yang lupa dengan barang pentingnya. Masih untung kalau kamera, kalau tiket yang tertinggal?. 

Tentu cukup menyebalkan juga rasanya ketika Anda sudah bersiap di Terminal Damai, Balikpapan, ternyata masih ada barang bawaan penting yang tertinggal di rumah. Sementara bis Patas AC menuju Kota Sangatta yang merupakan tujuan Anda tinggal satu-satunya dan sore itu juga akan segera tancap gas. 

Lupa merupakan sifat yang melekat pada manusia. Tetapi bukan berarti lupa harus dibiarkan apalagi dibudayakan. Lupa bisa diminimalisir bahkan dijauhkan dari kebiasaan. Bagaimana caranya, hehe, yuk kita ikuti tips yang berhasil dihimpun redaksi www.kaltimtoday.com berikut ini.

Pertama, biasakanlah untuk mencatat segala hal yang dianggap perlu satu hari sebelum kita melakukan aktivitas perjalanan. Bahkan kalau perlu buat daftar list barang yang akan dibawa. Dengan demikian barang-barang yang akan dimasukkan ke dalam tas sudah bisa dicek lewat daftar list yang dibuat. Apakah barang sudah siap, sudah masuk, atau masih harus dibeli.

Kedua, buatlah pembagian ruang-ruang tas atau kalau punya cukup banyak kantong harus dibuat pembagiannya. Sepintas ribet, tapi ini sangat memudahkan proses perjalanan yang akan dilakukan. Misalnya, tas besar bagian atas diisi dengan kamera, sehingga ketika hendak mengambil gambar lebih mudah untuk meraihnya.

Kemudian untuk kantong-kantong celana, bagian kanan diisi tiket, bagian kiri diisi uang seperlunya, dan bagian belakang disimpan dompet. Dengan cara seperti itu, ketika Anda membutuhkan untuk mengambil tiket, otak Anda tidak perlu dibebani untuk mengingat-ngingat lagi dimana tiket, di mana uang, sehingga Anda benar-benar bisa enjoy dalam perjalanan. Capek kan kalau setiap mau apa-apa, kita masih pake mikir lagi.

Ketiga, bawalah serta barang-barang kecil yang sering dianggap biasa; sisir, pemotong kuku, cotton buds, minyak kayu putih, dan peniti. Barang itu sekalipun sederhana dan mudah dibeli di mana-mana tetap tidak boleh disepelekan.

Bagaimana kalau ternyata tiba-tiba telinga Anda terasa gatal, sementara Anda masih berada di dalam bus, tentu mendapatkan cotton buds bukan hal yang mudah. Masak iya mau nanya ke sana ke mari untuk dapat cotton buds, nggak enak, kan?!. Makanya jangan sepelekan barang-barang seperti itu.

Keempat, siapkanlah buku saku dan pulpen. "Ah, saya kan bukan wartawan, untuk apa?". Hehe, bukan mau jadi wartawan, siapa tahu dalam perjalanan Anda punya ide-ide brilian, atau muncul inspirasi, Anda bisa langsung menulisnya, sehingga sepulang dari perjalanan Anda punya daftar inspirasi atau ide yang boleh jadi sangat berguna bagi kehidupan Anda selanjutnya. Apa beratnya sih bawa buku saku sama pulpen, ringan kok!.

Kelima, jangan lupa handphone. Ingat baik-baik, baterai HP harus dalam kondisi maksimal, tidak low. Jika terjadi low sementara Anda menuju tempat baru, itu akan sangat menyusahkan Anda. Jadi HP harus dicharger penuh sebelum tiba saatnya berangkat. Belum lagi kalau Anda ditunggu keluarga atau rombongan, kondisi itu akan membuat yang lain jadi bingung.

Keenam, selalu berdoa kepada Tuhan agar perjalanan yang Anda tempuh berjalan lancar dan aman. Sebab hanya Tuhan yang dapat menyelamatkan kehidupan manusia. Oleh karena itu banyak-banyaklah berdoa dalam perjalanan.

Bagi Anda yang Muslim tetap harus sholat meskipun dalam perjalanan. Jika perjalanan Anda jauh Anda boleh meringkas sholat (jamak qashar) dengan cara yang memungkinkan. Jika hanya mungkin dengan duduk, maka lakukanlah dengan duduk. Jika Anda di kapal Anda bisa sholat seperti biasa karena ada musholla. Lah, kalau di kereta atau pesawat gimana, ya duduk saja.

Demikian beberapa tips agar perjalanan kita bisa berjalan sesuai rencana. Tidak ada barang tertinggal apalagi tiket ketinggalan. Bahkan dengan teliti dan persiapan yang baik, perjalanan ringan pun bisa mendatangkan banyak keuntungan dan kebahagiaan. Semoga bermanfaat.


Foto: Ilustrasi/KasmaMaretStroy

Tags

Newsletter Signup

Jadilah yang pertama mendapatkan update berita terbaru nasional news langsung di email Anda.