News Breaking
NNTV
wb_sunny

Breaking News

Jelang Ramadhan, Kaltim Siap Amankan Stok Barang

Jelang Ramadhan, Kaltim Siap Amankan Stok Barang


KALTIMTODAY -- Sejumlah kabupaten/kota di Kaltim menyatakan siap mengamankan stok barang melalui operasi pasar (OP) guna menjaga kesabilan harga-harga barang kebutuhan pokok menjelang bulan puasa dan menjelang lebaran beberapa waktu lagi.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM, HM Djailani mengatakan bahwa pihaknya bersama instansi terkait di daerah akan melakukan rapat koordinasi di Samarinda. Rapat ini diantaranya menetapkan jadwal rencana OP di daerah masing-masing dan membahas penambahan stok komoditi pangan lainnya.

"Baru-baru ini kami telah menggelar rapat dengan dinas terkait di daerah-daerah, diantara yang kami bicarakan adalah mengenai rencana operasi pasar terkait datangnya bulan puasa," ujarnya belum lama ini.

Didampingi Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri (PDN) , Rodi Ahnadi dijelaskan bahwa terdapat beberapa komoditi utama yang akan dijual selama operasi pasar dengan harga wajar diantaranyai beras, tepung terigu, minyak goreng, gula, dan beberapa kebutuhan lain untuk makan sehari-hari.

Operasi Pasar akan dilakukan dengan melibatkan distributor atau agen, yang merupakan mitra kerja Disperindagkop Kaltim sehingga masing-masing kabupaten/kota sudah memiliki jaringan dengan distributor terkait.

Hingga saat ini, lanjut Djailani, stok berbagai komoditas yang tersebar di Kaltim masih aman untuk dua hingga tiga bulan ke depan atau hingga akhir lebaran. Stok beras yang berada di gudang Depot Logistik (Dolog) sebanyak 16.721 ton dan di pasaran atau Non Dolog sebanyak 39.352 ton, sehingga total persediaan beras mencapai per 1 Juli 56.073 ton.

Untuk stok beras yang ada di Dolog ini peruntukkanya bagi kalangan Tentara Nasional Indonesia (TNI), Beras Miskin (Raskin), persiapan operasi pasar, dan sebagai cadangan pemerintah jika sewaktu-waktu ada bencana seperti musibah banjir, kebakaran, longsor dan lainnya.

Dijelaskannya, bahwa stok gula pasir juga masih aman karena saat ini persediaannya mencapai 4.027 ton, stok minyak goreng mencapai 4.027 ton, susu 3.362 ton, tepung terigu 3.779 ton, telur ayam 3.226 ton, daging ayam 1.932 ton, daging sapi 1.423 ton, dan garam beryodium stoknya masih tersisa 1.638 ton.

"Kita berharap masyarakat tidak panik dan memborong barang-barang yang belum dibutuhkan. Karena pemerintah bersama distributor siap memasok barang-barang kebutuhan menjelang puasa dan lebaran dan menyiapkan operasi pasar maupun pasar murah di beberapa tempat," ujarnya. (yul/hmsprov)

Source: Humas Pemprov

Tags

Newsletter Signup

Jadilah yang pertama mendapatkan update berita terbaru nasional news langsung di email Anda.