News Breaking
NNTV
wb_sunny

Breaking News

Kesehatan Prioritas Pembangunan Kaltim

Kesehatan Prioritas Pembangunan Kaltim


KALTIMTODAY -- Provinsi Kaltim menetapkan bidang kesehatan sebagai salah satu prioritas pembangunan dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM), selain meningkatkan pembangunan infrastruktur, pembangunan pertanian dalam arti luas.

Pembangunan bidang kesehatan juga menjadi perhatian sesuai dengan komitmen internasional yang tercantum dalam Millenium Development Goals (MDGs) dengan target penurunan angka kematian anak dan meningkatkan kesehatan ibu yang telah melahirkan.

Hal tersebut dikatakan Asisten Bidang Kesejahteraan Rakyat H Sutarnyoto saat membuka Simposium dan Hospital Expo dengan Tema "Rumah Sakit, Medis dan Paramedis di era Global" yang diselenggarakan di Balikpapan, Mei (12/5).

Dengan membawa 16 buah peserta expo terdiri rumah sakit, lembaga pendidikan dan biro perjalanan, yang tergabung dalam Malaysian Healthcace Travel Central (MHTC) dipimpin oleh CEO MHTC, dr Mary Wong Lai Lin, Malaysia mencoba berpromosi dan membangun kerjasama dengan berbagai rumah sakit di Indonesia.

Menurut Sutarnyoto, saat ini Kaltim terus berupaya meningkatkan Sumber Daya Manusia bidang kesehatan seperti dokter, perawat, bidang dan mahasiswa kedokteran dengan memberikan bea siswa bagi usaha-usaha peningkatan kompetensi dan pendidikannya.

Dihadapan lebih dari seratus orang peserta, Sutarnyoto menjelaskan jumlah rumah sakit Pemerintah di Kaltim kini berjumlah 16 buah dan rumah sakit swasta sebanyak 25 buah. Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di Kaltim adalah RSUD Abdul Wahab Syahrani, RSUD Kanujoso Djatiwibowo di Balikpapan dan RSUD Tarakan. Sejumlah kabupaten/kota juga memiliki rumah sakit daerah dengan kategori tipe C.

Selain itu Pemprov Kaltim juga berusaha untuk memberikan jaminan pelayanan untuk masyarakat miskin dan tidak mampu di Kelas III, dengan penambahan kapasitas tempat tidur dan kualitas layanan.

Sutarnyoto berharap kegiatan expo semacam ini tidak saja diselenggarakan di Kaltim, tetapi bagaimana ada expo balasan dari Kaltim yang mengunjungi kota-kota di Malaysia.

"Hospital Expo ini pasti akan menambah pengetahuan dan wawasan mereka dalam hal kesehatan, dan pada akhirnya akan tergantung bagaimana masyarakat itu sendiri dalam menentukan sikap dan pilihannya," harapnya. (yul/hmsprov)

Foto: Asisten Bidang Kesejahteraan Rakyat H Sutarnyoto berbincang di sela pembukaan Hospital Expo. (yuliawan/humasprov kaltim).


Source: Pemprov Kaltim

Tags

Newsletter Signup

Jadilah yang pertama mendapatkan update berita terbaru nasional news langsung di email Anda.