News Breaking
NNTV
wb_sunny

Breaking News

Pariwisata Kaltim Strategis Tumbuhkan Ekonomi

Pariwisata Kaltim Strategis Tumbuhkan Ekonomi

KALTIMTODAY -- Pengembangan sektor kepariwisataan di masa mendatang diharapkan akan menjadi sektor strategis dalam pertumbuhan ekonomi. Sektor pariwisata diharapkan mampu menumbuhkan usaha ekonomi kreatif masyarakat, kesejahteraan dan peningkatan kesadaran masyarakat akan pentingnya kelestarian lingkungan hidup.

Peran sektor pariwisata juga diharapkan mampu menjawab isu nasional terkait kemiskinan, perluasan lapangan kerja, percepatan pembangunan infrastruktur dan kelestarian lingkungan hidup.

"Provinsi dan Kabupaten Berau siap dan terus berupaya menggelar Sail Derawan 2013 dengan penyiapan segala sarana dan prasarana sesuai standar penyelenggaraan bertaraf internasional," ujar Wakil Gubernur Kaltim H Farid Wadjdy dalam Seminar Sehari Membangun UMKM Produktif di Bidang Usaha Wisata dan Ekonomi Kreatif dan Kelautan yang diselenggarakan oleh Kosgoro Kaltim di Balikpapan, belum lama ini.

Pada sesi bertajuk Promosi Pulau Derawan dalam rangka Kaltim Bangkit menuju terselenggaranya destinasi wisatawan internasional, Wagub Farid Wadjdy, memberi apresiasi kepada peran swasta dan masyarakat untuk mendukung sosialisasi, promosi dan usaha-usaha lainnya yang biasanya dilakukan oleh pemerintah.

Sehingga diharapkan hasil seminar dapat memberdayaan ekonomi riil masyarakat dan memberi masukan kepada pemerintah terhadap ide dan solusi yang dibutuhkan.

Selain itu, Pemprov Kaltim juga memberi perhatian besar pada pertumbuhan Usaha Menengah, Kecil dan Mikro (UMKM) serta koperasi. Saat ini jumlah Usaha kecil di Kaltim berjumlah 337 ribu unit, usaha menengah sebanyak 833 unit dan koperasi aktif berjumlah 2.897 unit.

Sementara itu, Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat, HR Agung Laksono mendukung upaya Kaltim untuk memperjuangkan kegiatan kelautan bertajuk Sail Derawan 2013 mendatang, walaupun belum ada keputusan dari pemerintah tentang waktu dan dana penyelenggaraan.

"Saat ini yang telah mendapat persetujuan Pemerintah dengan Keputusan Presiden adalah Sail Morotai 2012. Sedangkan Sail Komodo dan Sail Derawan belum ada keputusan," jelasnya.

Agung Laksono menganjurkan agar Pemprov Kaltim tidak mundur dalam memperjuangkan Sail Derawan ini melalui berbagai promosi dan kegiatan di tingkat nasional dan internasional.

"Teruslah berpromosi, agar semua orang mengenal apa dan di mana itu Pulau Derawan. Tidak hanya melalui kegiatan sail, tetapi kegiatan-kegiatan lain seperti Visit Derawan dan lain-lain," harapnya.

Acara yang digelar sehari ini diselenggarakan oleh Kosgoro 1957 Kaltim dengan menghadirkan pembicara Bupati Berau H Makmur HAPK, Kepala Dinas Periwisata Kaltim H Achmad Adha, Konsultan Sail Derawan Dr H Aji Sularso dan dibuka oleh Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat HR Agung Laksono. (yul/hmsprov)

Foto: Wakil Gubernur Kaltim H Farid Wadjdy mendampingi Menko Kesra Agung Laksono pada pembukaan Seminar Sehari Membangun UMKM Produktif di Bidang Usaha Wisata dan Ekonomi Kreatif dan Kelautan. (yuliawan/humasprov kaltim).

Source: Pemprov Kaltim

Tags

Newsletter Signup

Jadilah yang pertama mendapatkan update berita terbaru nasional news langsung di email Anda.