News Breaking
NNTV
wb_sunny

Breaking News

Perputaran Uang Logam di Kaltim Jadi Perhatian BI

Perputaran Uang Logam di Kaltim Jadi Perhatian BI

KALTIMTODAY -- Perputaran uang logam pecahan nominal Rp500 dan Rp1.000 di Kaltim memiliki trend menarik untuk dicermati. Perputaran uang logam ini setiap bulan mencapai Rp800 juta, sementara tidak ada uang logam yang kembali ke Bank Indonesia.


Menurut Deputi Pemimpin Bank Indonesia Wilayah Kaltim, Bambang Is Widyantoro, perputaran uang logam di seluruh Kaltim terbanyak digunakan untuk uang kembalian oleh toko-toko terutama yang bergerak dibidang Sembilan Bahan Pokok (Sembako) sebagai uang kembalian.

"Ini yang membuat kita heran karena begitu banyak uang dikeluarkan oleh BI setiap tahun tetapi tidak ada yang kembali di setor ke bank. Kemungkinan uang logam tersebut tersimpan di masyarakat," ujarnya.

Dijelaskan, hingga Mei 2012 uang logam yang telah keluar dari BI Rp4 miliar. Diperkirakan perputaran uang logam tahun ini tidak jauh berbeda dengan 2011 yang mencapai Rp11,2 miliar.

Tingginya peredaran uang logam di masyarakat, karena ada peraturan yang melarang setiap toko, swalayan dan pusat-pusat penjualan lainnya memberikan uang kembalian dengan barang, semisal permen atau lainnya.

Sehingga setiap bulan, pemilik toko dan swalayan tersebut harus menukar uang di BI untuk cadangan persediaan toko. Sementara yang mengherankan tidak ada penyetoran kembali uang logam tersebut kepada bank-bank.

BI mengimbau masyarakat untuk dapat menukarkan uang logam tersebut sehingga tidak mengendap di tabungan masyarakat.
"Mungkin uang logam tersebut mengendap di masyarakat dalam bentuk tabungan atau celengan karena dianggap bernilai kecil. Karena setiap keluarga kebanyakan memiliki tabungan uang logam," jelasnya.

Selain fenomena peredaran uang logam, ternyata selama 2011 tercatat Rp1,7 triliun uang yang dikeluarkan BI Kaltim tidak kembali ke bank. Kemungkinan uang sebanyak ini dibawa ke luar Kaltim untuk berbagai keperluan.(yul/hmsprov).

Tags

Newsletter Signup

Jadilah yang pertama mendapatkan update berita terbaru nasional news langsung di email Anda.