News Breaking
NNTV
wb_sunny

Breaking News

Stadion Sempaja Wisata Belanja dan Kuliner

Stadion Sempaja Wisata Belanja dan Kuliner

suasana akhir pekan di komplek stadion sempaja
Masyarakat Samarinda menikmati akhir pekan di Stadion Sempaja
KALTIMTODAY -- Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim dan UPTD Stadion Utama Kaltim dan Stadion Madya Sempaja Samarinda menjalin kerjasama dengan Bank Pembangunan Daerah (BPD) Kaltim untuk mengoptimalkan Kompleks Stadion Madya Sempaja menjadi Pusat Wisata Belanja dan Kuliner bagi masyarakat Samarinda di setiap akhir pekan.

Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) ditandatangani oleh Kepala Dispora Kaltim H Sigit Muryono, Kepala UPTD Stadion Madya Syahrani Badawie dan Direktur Utama BPD Kaltim, H. Zainuddin Fanani di Samarinda, belum lama ini.

Sigit Muryono menjelaskan dengan kerjasama ini, maka BPD Kaltim melalui usaha binaannya dapat menggunakan area Stadion Madya Sempaja untuk menggandeng Usaha Menengah, Kecil dan Mikro (UMKM) di Kaltim untuk dapat berjualan dengan menggunakan tenda yang dapat dibongkar pasang.

"Konsep yang dijalankan adalah wisata belanja dan kuliner selama dua hari setiap minggunya di tiap hari Sabtu dan Minggu. Jadi tidak saja terdapat makanan dan minuman saja tetapi juga dapat dijual pakaian ataupun souvenir khas Kaltim," jelasnya.

Menurut Sigit, dari kerjasama ini maka kedua belah pihak yaitu Dispora Kaltim dan BPD Kaltim dapat lebih mengoptimalkan lahan-lahan yang tidak terpakai untuk dapat membantu usaha masyarakat kecil.

Untuk tahap awal, lanjutnya, BPD Kaltim akan membantu 100 buah tenda dengan ukuran 3 x 3 meter yang dapat digunakan oleh dua orang pedagang. Tahap selanjutnya BPD Kaltim akan menambah jumlah tenda sebanyak 100 buah lagi. Selain di Stadion Madya Sempaja, wisata belanja dan kuliner ini juga akan dilaksanakan di Stadion Utama Palaran dengan konsep yang sama.

"Jadi bagi masyarakat yang ingin berjualan dipersilahkan untuk mendaftar. Kita berikan waktu untuk berjualan di akhir pekan mulai pukul 6 pagi hingga pukul 11 siang. Setelah itu, tidak boleh lagi berjualan dan lingkungan harus bersih kembali," tegasnya.

Dengan MoU ini, diharapkan masyarakat tidak saja dapat berolahraga bersama keluarga tetapi juga dapat berbelanja atau sekedar menikmati kuliner setiap pagi hari yang dijajakan oleh pedagang.

Selain itu, setiap minggunya BPD Kaltim akan menggelar berbagai acara hiburan, senam sehat, penyediaan bank mobil dan berbagai kegiatan lainnya.

"Kerjasama ini merupakan bentuk corporate social responsibility dari BPD Kaltim sebagai Bank milik masyarakat. Dispora dan UPTD Stadion Utama Palaran dan Stadion Madya Sempaja yang memiliki wewenang tempat membantu fasilitasi agar pedagang kecil dan menengah yang ada dapat berkembang lebih baik lagi," ujarnya. (yul/hmsprov)

Foto: Lomba menyumpit di halaman Hotel Atlet Kompleks Stadion Madya Sempaja. (dok/humasprov kaltim).

Source: Pemprov Kaltim

Foto: Wordpress/Fisioterapi Samarinda

Tags

Newsletter Signup

Jadilah yang pertama mendapatkan update berita terbaru nasional news langsung di email Anda.