News Breaking
NNTV
wb_sunny

Breaking News

"Swasta Harus Terlibat Majukan Pariwisata Kaltim"

"Swasta Harus Terlibat Majukan Pariwisata Kaltim"


KALTIMTODAY -- Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak, menegaskan pengembangan sektor pariwisata di Kaltim bukan hanya kebijakan dari pemerintah provinsi dan kabupaten/kota, tetapi diperlukan keterlibatan pihak swasta dan masyarakat. 

"Pemerintah daerah dalam hal ini hanya menyediakan dan membangun infrastruktur sebagai akses menuju objek-objek wisata, sedangkan untuk pengembangan objek wisata tersebut harus ada kerjasama dan koordinasi yang baik antara pemerintah daerah, swasta dan masyarakat," ujar Awang Faroek.

Awang Faroek menyebut peran dari Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) dan Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) sangat strategis dalam membantu pemerintah daerah mempromosikan objek-objek wisata di Kaltim, terlebih kedua organisasi tersebut bergerak di sektor jasa pendukung pariwisata.

"PHRI dan Asita di Kaltim dapat mempromosikan dan menginformasikan objek wisata unggulan di Kaltim seperti kepulauan Derawan, Maratua, Sangalaki dan Kakaban, lalu upacara adat seperti Erau di Kutai Kartanegara yang masuk dalam agenda wisata Indonesia," ucapnya.

Menurut Awang Faroek, selain festival adat Erau yang harus terus dikembangkan dan dilaksanakan rutin setiap tahunnya, Pemprov juga berupaya mempromosikan dan memperkenalkan keindahan Pulau Derawan dan sekitarnya dengan menggelar Sail Derawan 2013.

"Kita sedang upayakan menggelar Sail Derawan pada 2013, meskipun secara bersamaan juga ada Sail Komodo dan Sail Wakatobi. Kita ingin menarik sebanyak-banyaknya turis lokal dan mancanegara untuk mengunjungi pulau Derawan dan sekitarnya, sehingga lebih dikenal pada level nasional bahkan internasional," jelasnya.

Awang Faroek mengimbau kepada masyarakat agar ikut serta dalam pengembangan sektor pariwisata di Kaltim, terutama dengan memberdayakan ekonomi kreatif berupa industri rumahan dan usaha-usaha kerajinan yang dapat menggerakkan ekonomi kerakyatan.

"Target kita adalah 1,5-2 juta wisatawan baik lokal maupun asing yang datang ke Kaltim pada 2012 ini. Mari bersama-sama mensukseskan tahun kunjungan wisata ke Kaltim dengan pengembangan eknomi kreatif di lingkungan masyarakat," imbaunya.(her/hmsprov).


FOTO: ERAU 2012, Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak menyalakan obor dalam prosesi Erau dan ketika mencoba bermain gasing pada pembukaan Erau di Kota Tenggarong beberapa waktu lalu. (syaful/humasprov kaltim).

Sumber: Humas Pemprov

Tags

Newsletter Signup

Jadilah yang pertama mendapatkan update berita terbaru nasional news langsung di email Anda.