News Breaking
NNTV
wb_sunny

Breaking News

Arus Mudik, Armada Transportasi Diminta Taat Aturan

Arus Mudik, Armada Transportasi Diminta Taat Aturan


KALTIMTODAY -- Angkutan laut pada arus mudik lebaran menjadi masalah krusial dan tidak jarang setiap kapal mengangkut melebihi kapasitas dan itu terjadi hampir pada semua kapal penumpang.

"Saya mengimbau agar semua kapal agar mengangkut penumpang sesuai aturan. Ini demi keselamatan, karena Juli hingga Agustus terjadi gelombang tinggi," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kaltim H Zairin Zain usai rapat di ruang Ruhui Rahayu belum lama ini.

Zairin memprediksi, jumlah arus mudik untuk tahun ini meningkat dibanding tahun lalu sekitar 15 persen.

"Tahun lalu pemudik jalur laut sekitar 20 ribu orang, jalur udara 70 ribu orang, sedangkan jalur darat jumlahnya lebih besar lagi. Ini harus menjadi perhatian khusus Dishub, karena angkutan bus juga sering mengangkut penumpang melebihi kapasitas," jelasnya.

Menurut dia, untuk angkutan darat khususnya jenis bus di Kaltim telah cukup, bahkan perusahaan bus ada menambah armada dan melakukan peremajaan.

"Ada sekitar 100 armada bus yang diremajakan juga ada yang menambah armada, untuk angkutan antar kota dalam provinsi," ujarnya.

Namun kendala jalur mudik arus darat saat ini, masih terganggu kerusakan jalan penghubung antar kabupaten dan kota. Namun demikian kerusakan jalan bukan wewenang Dishub, tetapi menjadi domain Dinas Pekerjaan Umum. Instansinya bertanggung jawab pada keselamatan penumpang.

Sebelumnya, menjelang arus mudik tahun ini Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak, meminta masalah tansportasi agar menjadi perhatian instansi terkait khususnya Dishub, sehingga pada saat mudik nanti masyarakat bisa tenang dan tidak menemui kendala baik angkutan laut, udara maupun darat.

"Salah satunya angkutan laut tidak boleh membawa penumpang melebihi kapasitas, kalau memang angkutan seribu orang jangan ditambahi lagi semua itu demi keselamatan penumpang harus diutamakan," kata Gubernur Awang Faroek Ishak di Samarinda belum lama ini.

Begitu juga angkutan udara gubernur juga berpesan agar para jasa penerbangan agar mengutamakan keamanan penumpang.

"Jasa penerbangan yang paling padat khususnya tujuan Jawa maupun Sulawesi, kalau penumpang padat agar ada penerbangan ekstra, sehingga penumpang dengan kapal udara dapat terlayani dengan baik," harap Awang. (sar/hmsprov)

Tags

Newsletter Signup

Jadilah yang pertama mendapatkan update berita terbaru nasional news langsung di email Anda.