News Breaking
NNTV
wb_sunny

Breaking News

Awang: "Bandara Sepinggan Pendukung Kota Metropolitan"

Awang: "Bandara Sepinggan Pendukung Kota Metropolitan"


KALTIMTODAY -- Peningkatan sarana dan prasarana Bandara Internasional Sepinggan Balikpapan yang kini sedang dikerjakan, merupakan salah satu upaya untuk memenuhi daya dukung untuk menjadi Kota Metropolitan di Kaltim.

Demikian disampaikan Gubernur Kaltim, Dr H Awang Faroek Ishak pada peresmian penerbangan pertama Maskapai Garuda Indonesia untuk Rute Balikpapan-Singapura, belum lama ini.

Dia mengatakan Kota Balikpapan diharapkan dapat menjadi kota  refresentatif yang mewakili wajah Kaltim secara keseluruhan. Kota ini akan terus didorong untuk menjadi Kawasan Metropolitan pertama di daerah ini.

"Banyak sebutan untuk Kota Balikpapan, antara lain Pintu Gerbang Kaltim, Kota Minyak, Kota Perdagangan, bahkan menjadi kota dengan kompartemen pertahanan yang menjaga keamanan dan pertahanan wilayah Indonesia," ujar Awang Faroek.

Dengan kenyataan itu, Pemprov akan terus mendorong Balikpapan menjadi Kota Metropolitan dalam sepuluh hingga dua puluh tahun mendatang dengan pemenuhan sejumlah fasilitas yang harus dimiliki sebuah kota besar.

Fasilitas kota yang harus disiapkan untuk mendukung sebuah Kota Metropolitan ini adalah pusat perkantoran, pusat perdagangan, pusat perbelanjaan dan pusat rekreasi serta sarana transportasi yang semuanya bertaraf internasional.

Guna mendukung Kalimantan bersatu, baik bersatu secara ekonomi dan peningkatan pembangunan, Balikpapan harus berbenah karena akan menjadi kiblat provinsi di Kalimantan dalam hal kemajuan ekonomi dan peningkatan perdagangan.

Bandara Sepinggan Balikpapan, ujar Awang Faroek telah menjadi Bandara tersibuk ke empat setelah Bandara Soekarno Hatta, Juanda, Surabaya dan Ngurah Rai, Bali. "Untuk itu Bandara Sepinggan direnovasi dan perluasan hingga akan menjadi Bandara terbesar di Indonesia Timur," ujarnya disambut tepuk tangan undangan yang hadir.

"Perluasan Bandara Sepinggan akan mencapai 110 ribu meter persegi melebihi Bandara Hasanuddin Makasar. Demikian juga dengan panjang landasan pacu ditingkatkan hingga 3.300 meter," tambahnya.

Selain itu, Gubernur juga meminta Walikota Balikpapan untuk menyediakan komplek perumahan yang baik dan asri. Karena salah satu penunjang kota yang harus dipenuhi adalah kawasan perumahan atau properti yang ramah bagi penghun.

Demikian juga dengan sarana olahraga, Gubernur bercita-cita dapat membangun lapangan golf bertaraf internasional, sehingga Kaltim terutama Balikpapan dapat menjadi tujuan wisata domestik dan mancanegara pada setiap akhir pekan. (yul/hmsprov)

Foto : Gubernur Kaltim, Dr H Awang Faroek Ishak menandatangani prasasti pembangunan gedung VIP ROOM yang merupakan salah satu sarana pendukung Bandara Internasional Sepeinggan Balikpapan.(syaiful/humasprov kaltim)

Tags

Newsletter Signup

Jadilah yang pertama mendapatkan update berita terbaru nasional news langsung di email Anda.