News Breaking
NNTV
wb_sunny

Breaking News

Awang Faroek: Kaltim Wilayah Bebas Korupsi!

Awang Faroek: Kaltim Wilayah Bebas Korupsi!


KALTMTODAY -- Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak bertekad Kaltim bisa menjadi Zona Integritas (ZI) dan Wilayah Bebas Korupsi (WBK).

"Setelah dideklarasikan, saya akan menantang pejabat di lingkungan Pemprov atau satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk berani memasang plang di kantor masing-masing dengan tulisan area bebas korupsi," kata Gubernur Awang Faroek saat membuka dialog bersama Wakil Menteri Hukum dan HAM Prof Denny Indrayana yang diselenggarakan Badan Pengurus Provinsi Kerukunan Bubuhan Banjar Kalimantan Timur (BPP-KBBKT), di Ruang Ruhui Rahayu Kantor Gubernur, belum lama ini.

Dengan cara ini bisa memperkuat komitmen pejabat bersangkutan untuk menghindari perbuatan menyimpang dan melanggar hukum, karena korupsi merugikan rakyat.

Dijelaskan, instansi pemerintahan baik provinsi dan kabupaten dan kota di Kaltim secara sederhana sudah menerapkan beberapa program dalam rangka mendukung terwujudnya zona intergritas menuju wilayah bebas korupsi di Kaltim.

"Secara sederhana di lingkup pemerintahan provinsi dan kabupaten/kota bisa dilakukan dengan penandatanganan pakta integritas pada pengambilan sumpah jabatan saat pelantikan pejabat eselon II, III dan IV. Selain itu, pakta integritas akan menjadi contoh di semua lini pembangunan," jelasnya.

Menurutnya, tugas memberantas korupsi bukan tugas Polri atau kejaksaan akan tetapi juga tugas Pemerintah Daerah, baik gubernur, bupati hingga walikota. Oleh karena itu gubernur mengajak semua elemen daerah ini untuk mewujudkan pemerintah yang bersih secara nyata. (sar/hmsprov).

Tags

Newsletter Signup

Jadilah yang pertama mendapatkan update berita terbaru nasional news langsung di email Anda.