News Breaking
NNTV
wb_sunny

Breaking News

Berapa Harga Sawit di Kaltim? SMS Aja...

Berapa Harga Sawit di Kaltim? SMS Aja...


KALTIMTODAY -- Dalam upaya meningkatkan layanan dalam bentuk informasi kepada masyarakat, Dinas Perkebunan (Disbun) Kaltim memberikan kemudahan bagi petani sawit untuk mengetahui harga sawit yang berlaku di wilayah ini.

Menurut Kepala Disbun Kaltim Etnawati, pihaknya telah menyediakan info harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit melalui media short message service (SMS).

"Walaupun selama ini secara rutin telah disampaikan melalui media cetak maupun media web," ujarnya.

Dikatakannya, apabila petani pekebun di pedesaan yang tersebar di kabupaten dan kota ingin mengetahui info harga sawit cukup kirim SMS melalui handphone (Hp/telepon seluler) dengan mengetik HARGA SAWIT dan kirim ke nomor 08125551001.

Selanjutnya, operator Disbun yang selama ini telah memberikan layanan info melalui internet maupun media website akan merespon melalui sms "BUNKALTIM" yang memuat info harga buah sawit tersebut.

Selain itu, fasilitas ini bertujuan untuk mempermudah layanan dalam bentuk informasi kepada masyarakat. Sekaligus berfungsi untuk mempermudah tugas aparat pemerintahan khususnya dalam pemanfaatan teknologi dan informatika.

Pola pemanfaatan teknologi informasi (IT/information technology) saat ini ujarnya, sudah menjadi sesuatu keharusan terutama dalam memberikan pelayanan yang mudah, cepat dan murah bagi masyarakat.

Apalagi, petani pekebun sebagian besar ada di daerah pedesaan dengan informasi terbatas. Maka, dengan adanya info layanan melalui SMS ini pekebun sawit akan mudah mendapatkan informasinya. Petani akan terbantu karena saat ini sudah banyak operator telepon seluler (ponsel) yang sudah menjangkau hingga ke pedesaan bahkan kawasan pedalaman.

"Harapan kami petani sawit bisa memanfaatkan fasilitas ini dan semuanya gratis. Bahkan ke depan secara bertahap Disbun akan menambah fasilitas layanan untuk informasi komoditi lainnya," jelas Etnawati.

Etnawati melanjutkan, informasi harga sawit tersebut akan dikirimkan ke nomor ponsel petani yang telah terdaftar setiap bulannya. Harga yang akan diinformasi kepada petani terutama harga buah sawit yang berlaku selama bulan berjalan. (yans/hmsprov)

Foto : Sejumlah TBS siap masuk pabrik pengolahan sawit.(dok/humasprov kaltim)

Tags

Newsletter Signup

Jadilah yang pertama mendapatkan update berita terbaru nasional news langsung di email Anda.