News Breaking
NNTV
wb_sunny

Breaking News

Garuda Juga Harus Terbang ke Tarakan

Garuda Juga Harus Terbang ke Tarakan


KALTIMTODAY -- Salah satu pembangunan infrastruktur yang terus di dorong perwujudannya adalah pembangunan Bandar Udara (Bandara) dan Lapangan Udara Perintis di perbatasan Indonesia-Malaysia.

Demikian ditegaskan Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak saat Peresmian Penerbangan Perdana (Inaugural Flight) rute Balikpapan-Singapura oleh PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. yang ditandai dengan pemotongan nasi tumpeng, di Balikpapan, belum lama ini.

"Untuk memacu tumbuhnya ekonomi suatu wilayah, maka pembangunan infrastrktur mutlak dilakukan. Kita telah membangun dan menyelesaikan sejumlah fasilitas diantaranya adalah peningkatan kualitas dan kapasitas Bandara dan Lapangan Udara Perintis di perbatasan," ujarnya.

Awang Faroek mencita-citakan adanya transportasi udara yang dapat melayani rute-rute antar kabupaten/kota di Kaltim dan kota-kota di Kalimantan.

Dengan luas dan sulitnya kondisi goegrafis Kaltim dan Kalimantan pada umumnya, maka sarana transportasi udara mutlak diwujudkan sebelum infrastruktur jalan dan jembatan terhubungkan dengan kualitas yang layak.

Menurutnya, Kalimantan harus bersatu secara ekonomi dan pembangunan sehingga dapat tumbuh secara bersama-sama. Misal, hingga saat ini saja belum ada penerbangan langsung dari Provinsi Kalimantan Tengah dan Barat ke Kaltim. Masyarakat harus transit ke Bandara di Jawa agar bisa terbang ke Bandara Sepinggan Balikpapan.

"Kalimantan harus bersatu dalam pembangunan dan pertumbuhan ekonominya. Untuk itu diperlukan jembatan udara intra Kalimantan yang dapat menghubungan kabupaten dan kota dengan sarana transportasi udara ini," tegasnya.

Dihadapan pimpinan dan direksi Garuda Indonesia, Awang Faroek menantang Garuda Indonesia untuk dapat menerbangi rute-rute yang telah dapat didarati seperti di Bandara Kalimarau Berau dan Juwata Tarakan.

Selain itu membuka jalur penerbangan Balikpapan-Singapura, Awang Faroek juga mempersilahkan Garuda Indonesia membuka jalur Balikpapan-Malaysia dengan alasan terdapat 2,5 juta Tenaga Kerja Indonesia di Malaysia, termasuk yang berada di kota-kota di Malaysia Timur, seperti Kuching, Kinabalu, dan Tawau.

Saat ini, terang Gubernur, salah satu penerbangan Malaysia yaitu MasWing telah menerbangi rute Tawau-Tarakan.

Secara khusus, Awang Faroek juga meminta jajaran direksi Garuda Indonesia untuk membuka kembali jalur Balikpapan-Denpasar, Balikpapan-Solo, Balikpapan Bandung dan mempertimbangkan untuk menerbangi rute Balikpapan-Mataram, Nusa Tenggara Barat dengan alasan banyaknya warga Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur yang berada di Kaltim.

Acara Inaugural Flight Balikpapan-Singapore ini, selain dihadiri Gubernur juga dihadiri Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Subekti, Walikota Balikpapan H Rizal Effendi, General Manager GI Balikpapan Setya Budhi dan Direksi GI Wilayah Timur Indonesia, Rosyinah. (yul/hmsprov)

Foto : Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak saat Peresmian Penerbangan Perdana (Inaugural Flight) rute Balikpapan-Singapura oleh PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk.(yuliawan/humasprov kaltim)

Tags

Newsletter Signup

Jadilah yang pertama mendapatkan update berita terbaru nasional news langsung di email Anda.