News Breaking
NNTV
wb_sunny

Breaking News

Kaltim Dapat 28 Titik Fasilitas WiFi

Kaltim Dapat 28 Titik Fasilitas WiFi


KALTIMTODAY -- Kaltim akan mendapat 28 titik fasilitas Wireless Fidelity (Wifi) dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) melalui Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informasi Kementerian Komunikasi dan Informatika (BP3TI).

Demikian dijelaskan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kaltim, H Jauhar Efendi, terkait rencana pemasangan Wifi di daerah ini, sebagai upaya memberikan sarana komunikasi berbasis teknologi informasi pada masyarakat, di Samarinda, belum lama ini.

"Bantuan fasilitas Wifi ini untuk mendukung Program Nasional Indonesia Conected 2012, Indonesia Informatif 2014 dan Indonesia Broad Band 2015, serta tentunya mendukung program daerah Kaltim Bebas Blank Spot Area pada 2013," terangnya.

Komitemen kuat Gubernur Kaltim, Dr H Awang Faroek Ishak menginginkan agar di seluruh Kaltim tidak ada lagi blank spot baik bagi telekomunikasi maupun pada fasilitas internet hingga pada 2013.

Dengan fasilitas Wireless Fidelity (Wifi) untuk 28 titik yang tersebar di 14 Kabupaten/Kota se-Kaltim ini diharapkan seluruh masyarakat Kaltim tidak buta dan tidak asing dengan penggunaan internet yang telah merambah seluruh sendi kehidupan mayarakat.

Didampingi Kepala Seksi Telekomunikasi, Sri Wartini, Jauhar menjelaskan dengan bantuan fasilitas Wifi ini diharapkan dapat memaksimalkan layanan internet yang selama ini tersedia melalui program Pusat Layanan Internet Kecamatan, maupun melalui program Mobil Community Acses Point (MCAP) atau mobil dengan fasilitas layanan internet gratis.

"Kapan pun masyarakat setempat ingin mengkases internet dapat memanfaatkan fasilitas layanan internet gratis tersebut," ujarnya.

Secara teknis, kabupaten/kota diminta untuk menentukan dua titik lokasi yang dianggap paling tepat untuk meletakkan fasilitas Wifi tersebut. Baik dilihat dari aspek ketersedian fasilitas pendukungnya, maupun dari aspek manfaat.

"Jadi masing-masing kabupaten/kota mendapatkan dua fasilitas Wifi ini dan penempatannya diserahkan kepada kabupaten/kota sehingga dapat ditempatkan pada lokasi yang strategis dan mudah dijangkau masyarakat," tandasnya.(yul/hmsprov).

Foto : H Jauhar Efendi

Tags

Newsletter Signup

Jadilah yang pertama mendapatkan update berita terbaru nasional news langsung di email Anda.