News Breaking
NNTV
wb_sunny

Breaking News

Kaltim Siap Menuju Zona Ketahanan Pangan

Kaltim Siap Menuju Zona Ketahanan Pangan


KALTIMTODAY -- Mendukung terwujudnya Kalimantan Timur sebagai daerah ketahanan pangan, Pemprov melaksanakan sejumlah program yang berkaitan dengan sektor pertanian dalam arti luas.

Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak mengatakan dalam menghadapi tantangan meningkatnya permintaan pangan terutama beras dan kecenderungan meningkatnya harga pangan, Pemprov melalui Dewan Ketahanan Pangan Kaltim, berusaha untuk mengembangkan potensi produksi pertanian di daerah ini.

"Kita memiliki peluang untuk meningkatkan hasil produksi pertanian karena masih memiliki lahan kering (perkebunan dan kehutanan) yang dapat dialihfungsikan menjadi lahan pertanian. Selain itu dengan pengembangan teknologi juga dapat meningkatkan produktivitas lahan," ujar Awang Faroek, dalam rapat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, di ruang serbaguna Ruhui Rahayu Kantor Gubernur Kaltim, belum lama ini.

Menurut Awang, Kaltim memiliki peluang untuk meningkatkan produksi padi untuk mencapai surplus beras, salah satunya adalah dengan pengembangan pengetahuan dan keterampilan sumber daya manusia (petani, pengawas benih tanaman dan petugas pertanian lainnya). Selain itu juga masih tersedianya potensi pengembangan produksi berbagai pilihan pangan selain beras.

Namun disatu sisi Kaltim juga mempunyai permasalahan yang harus dituntaskan agar sektor pertanian bisa berkembang dengan baik. Permasalahan itu antara lain, adanya dampak perubahan iklim dan serangan organisme pengganggu tumbuhan (OPT), rusaknya infrastruktur irigasi dan lingkungan.

Selanjutnya, konversi lahan sawah menjadi penggunaan sektor lain, keterbatasan akses petani terhadap pembiayaan, kompetisi antar komoditas, tingginya konsumsi beras masyarakat sebagai sumber karbohidrat, belum sinerginya antar sektor dan pusat-daerah dalam menungjang pembangunan pertanian khususnya produksi padi.

"Satu persatu permasalahan tersebut harus kita tuntaskan sehingga jalan untuk pengembangan sektor pertanian semakin terbuka lebar, dan tentunya kita bisa mewujudkan ketahanan pangan di Kaltim," jelasnya.

Dalam rangka mendukung program ketahanan pangan daerah, Dewan Ketahanan Pangan Kaltim melakukan sejumlah program dan strategi, yaitu peningkatkan produktivitas hasil-hasil pertanian, perluasan areal dan pengelolaan lahan pertanian, melakukan diversifikasi pangan dalam rangka menurunkan konsumsi beras masyarakat.

"Juga dilakukan penyempurnaan manajemen ditingkat pemerintahan sehingga memiliki dukungan kebijakan dan regulasi yang tepat sasaran dalam pengembangan sektor pertanian," pungkasnya.(her/hmsprov).

Tags

Newsletter Signup

Jadilah yang pertama mendapatkan update berita terbaru nasional news langsung di email Anda.