News Breaking
NNTV
wb_sunny

Breaking News

Kemenprin Siap Bangun Tanki Timbun

Kemenprin Siap Bangun Tanki Timbun


KALTIMTODAY -- Pemerintah Pusat memberi dukungan terhadap terbentuknya kawasan industri dan pelabuhan internasional (KIPI) Maloy di Kutai Timur. Dukungan tidak hanya dari Kementerian Pekerjaan Umum yang akan melakukan perbaikan jaringan jalan menuju Maloy, Kementerian Perindustrian (Kemenprin) juga akan membangun fasilitas tangki timbun untuk penumpukan crude palm oil (CPO).

"Kita akan membangun tanki timbun sebagai salah satu fasilitas pada KIPI Maloy ini, feasibility study-nya (studi kelayakan) sudah kita susun" kata Direktur Jenderal Industri Agro Kementerian Perindustrian Benny Wahyudi di Sangatta, beberapa waktu lalu.

Benny mengatakan, kunjungan itu dimaksudkan untuk melihat secara langsung dimana tapak yang akan digunakan sebagai lokasi tanki timbun dalam kawasan Maloy, yang sudah disurvey oleh konsultan dari Kementerian Perindustrian sebelumnya.

"Sebenarnya hari itu juga akan kita lakukan semacam acara penentuan tapak lokasi tanki timbun, tapi karena cuaca hujan, kita tidak bisa mencapai lokasi tanki timbun tersebut," ujarnya.

Melihat komitmen kuat dari pemangku kepentingan, baik dari pusat, provinsi dan daerah, Benny optimis perkembangan KIPI Maloy yang menjadi salah satu proyek yang masuk dalam Master Plant Percepatan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) untuk koridor Kalimantan itu akan berjalan dengan baik sejak dicanangkan dua tahun lalu.

Karenanya, dia berharap detail engineering design (DED) tangki timbun dapat segera diselesaikan sehingga pembangunannya dapat segera dimulakan.

"Kalau DED-nya selesai, tahun depan dapat kita mulai bangun,"sebut Benny.

Senada, Kepala Bidang Industri Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Kaltim Susilo Widodo mengatakan, DED tangki timbun diharapkan selesai tahun ini sehingga program Kementerian Perindustrian untuk membangun salah satu infrastruktur yang mendukung Maloy sebagai outlet kelapa sawit dapat direalisasikan tahun depan.

"Kita anggarkan melalui APBD Perubahan 2012, kita berharap anggaran ini dapat segera disahkan sehingga proses lelangnya dapat dilakukan," katanya. (gie/hmsprov)

Foto : Wakil Menteri PU Hermanto Dardak dalam kunjungan ke lokasi KIPI Maloy.(sugie/humasprov kaltim)

Tags

Newsletter Signup

Jadilah yang pertama mendapatkan update berita terbaru nasional news langsung di email Anda.