News Breaking
NNTV
wb_sunny

Breaking News

Mahakam dan Mumus Objek Wisata Keluarga

Mahakam dan Mumus Objek Wisata Keluarga


KALTIMTODAY -- Pemerintah Kalimantan Timur memberi dukungan penuh atas inisiatif pengelolaan Sungai Mahakam dan Sungai Karang Mumus menjadi obyek wisata bagi keluarga, dan menjadi tujuan wisata bagi turis domestik dan mancanegara. 

Hal tersebut dikatakan Gubernur Kaltim Awang Faroek saat berdiskusi dengan Wakil Walikota Samarinda, H Nusyirwan Ismail dan pimpinan instansi terkait menyangkut rencana penataan kawasan sepanjang Sungai Mahakam dan Sungai Karang Mumus, Kamis malam (5/7) di Tepian Mahakan Samarinda.

"Kita ingin Sungai Mahakam dan Sungai Karang Mumus dapat dikelola dengan lebih baik menjadi daerah tujuan wisata, termasuk wisata airnya. Hingga kini Sungai Mahakam hanya digunakan sebagai alur lalu lintas angkutan batu bara, kayu dan sedikit untuk angkutan penumpang," ujarnya.

Awang Faroek menilai gagasan Pemkot Samarinda untuk menata Sungai Mahakam dan Sungai Karang Mumus merupakan inisiatif yang sangat baik, terlebih untuk mengatasi kekumuhan masyarakat di sepanjang dua sungai tersebut.

Dikatakan Awang, masyarakat Samarinda khususnya dan Kaltim pada umumnya hendaknya bangga dan bersyukur akan keberadaan banyak sungai besar di Kaltim. Karena tidak semua provinsi di Indonesia memiliki kekayaan sumber air yang melimpah dan pemandangan yang begitu indah.

Untuk itu, dirinya berharap agar pengelolaan sungai di mana pun di Kaltim harusnya mendapatkan perhatian lebih dari masing-masing kabupaten/kota, baik sebagai obyek wisata, peningkatan ekonomi melalui kekayaan ikannya maupun sungai sebagai angkutan rakyat yang telah digunakan sejak dahulu.

"Kita harus mencontoh luar negeri yang menjadikan sungai sebagai tempat rekreasi tidak saja bagi keluarga tetapi juga bagi turis asing. Di sisi sungai juga menjadi pusat perkantoran, perhotelan, pertokoan dan perbankkan yang terintegrasi antara sungai dan masyarakatnya," ujarnya.

Untuk itu, Awang mempersilakan kabupaten/kota menggandeng investor untuk membangun kawasan sepanjang sungainya. Begitu juga dengan Kota Samarinda, yang dalam waktu dekat membenahi sarana dan prasarana alur sepanjang sungainya.

"Pemprov akan mendukung upaya penataan Sungai Mahakam dan Sungai Karang Mumus yang akan dilakukan oleh Pemkot Samarinda. Apalagi, Samarinda adalah ibukota provinsi Kaltim, maka sangat wajar untuk menjadi cermin bagi kota-kota lainnya," ujarnya. (yul/hmsprov)

Foto: Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak dalam acara di Tepian Mahakan Samarinda. (yuli/humasprov kaltim).

Tags

Newsletter Signup

Jadilah yang pertama mendapatkan update berita terbaru nasional news langsung di email Anda.