News Breaking
NNTV
wb_sunny

Breaking News

Mahasiswa Institut Teknologi Kalimantan Dapat Beasiswa

Mahasiswa Institut Teknologi Kalimantan Dapat Beasiswa


KALTIMTODAY -- Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak melepas 100 mahasiswa Institut Teknologi Kalimantan (ITK), di Kantor Gubernur, Samarinda, Jumat (27/7) lalu. Calon mahasiswa ITK ini merupakan angkatan pertama dari operasional ITK tahun ini.

"Ini merupakan kebanggaan bagi daerah, karena tahun ini Kaltim mengirimkan 100 mahasiswa ITK asal Kaltim. Bahkan, angkatan ini merupakan pertama di ITK yang dititipkan untuk kuliah di Institut Teknologi Surabaya (ITS)," kata Awang Faroek Ishak, usai melepas 100 mahasiswa ITK asal Kaltim.

Dijelaskan, angkatan pertama tersebut telah melalui sejumlah seleksi yang dilakukan di Kaltim. Mahasiswa ITK tersebut, selanjutnya akan mengikuti perkuliahan yang dilaksanakan di ITS, dengan jurusan yang pilih sesuai program yang sementara dimiliki ITK, antara lain program teknik elektro, perkapalan, mesin, kimia dan sipil untuk pendidikan Strata I.

Program tersebut masing-masing diisi 20 mahasiswa dari 26 program studi (Prodi) yang akan dilaksanakan ke depan. Menurut Awang, setelah satu tahun menjalani pendidikan di ITS, diharapkan 2013 bisa kembali ke Kaltim untuk menempati kampus yang telah dibangun di Balikpapan.

"Jika Kampus ITK di Balikpapan nanti selesai, diharapkan seluruh mahasiswa bisa melaksanakan perkualiahan seperti biasa yang pernah dijalani pada saat di Kampus ITS. Mudah-mudahan tahun depan kampus ini bisa terbangun," harapnya.

Mahasiswa yang berhasil terpilih masuk di ITK diharapkan dapat menjalani perkualiahan dengan baik dan rajin belajar ketika melaksanakan pendidikan di Kampus ITS. Karena, angkatan pertama ITK tersebut merupakan mahasiswa yang biaya pendidikannya hingga selesai ditanggung Pemprov Kaltim, termasuk biaya asrama.

Awang mengatakan, mahasiswa tersebut semua mendapatkan beasiswa, sehingga wajar jika Pemerintah Daerah berharap, ketika lulus mampu bekerja di daerah sesuai dengan keahlian ilmu yang dimiliki.

"Rakyat Kaltim berharap, dengan ilmu yang mereka miliki nantinya, mereka akan mampu membawa Kaltim lebih baik ke depan. Mereka harus kembali mengabdi untuk daerah ini," pesan Awang.

Sementara itu, Ketua Tim Fasilitasi ITK Kaltim, Dr Buhori Yusuf mengatakan, 100 mahasiswa yang terpilih tersebut akan berangkat ke Surabaya 29 Juli 2012. Kemudian, pada Senin 30 Juli 2012 Tim Fasilitasi ITK Kaltim melakukan serah terima mahasiswa kepada ITS dengan menyatakan penitipan mahasiswa ITK kepada ITS Kaltim resmi dilakukan sebelum terbangunnya gedung ITK di Balikpapan.

"Sejak Senin 30 Juli 2012 seluruh mahasiswa sudah bisa melaksanakan perkualiahan layaknya mahasiswa ITS, diawali dengan registrasi mahasiswa baru hingga tes kesehatan. Tetapi, mereka tetap didampingi dengan tim yang telah ditunjuk hingga proses perkuliahan benar-benar aktif pada September. Jadi, hingga September nanti kami tetap mendampingi mereka," jelasnya. (jay/hmsprov)

Foto: Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak dengan mahasiswa pada pelepasan kuliah ke ITS. (jaya/humasprov kaltim)

Tags

Newsletter Signup

Jadilah yang pertama mendapatkan update berita terbaru nasional news langsung di email Anda.