News Breaking
NNTV
wb_sunny

Breaking News

Majukan UKM Melalui Lembaga Penjaminan

Majukan UKM Melalui Lembaga Penjaminan

KALTIMTODAY -- Pemerintah Provinsi Kaltim terus mendorong penguatan koperasi dan UMKM untuk mendapatkan dana dari perbankan dengan mendapatkan jaminan dari lembaga penjamin keuangan yang dibentuk oleh pemerintah daerah.

Pemerintah tengah menggodok aturan dan ketentuan-ketentuan hukum untuk berdirinya lembaga penjaminan bagi seluruh usaha kecil dan menengah yang dimiliki masyarakat agar layak memperoleh kredit dari bank.

"Ini adalah bentuk kepedulian dan keseriusan Pemprov Kaltim untuk membesarkan koperasi dan UMKM, dalam bentuk penjaminan bagi usaha-usaha yang menurut perbankan belum layak mendapatkan kredit," ujar Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kaltim, H Mohammad Djailani, belum lama ini.

Lanjut Djailani, saat ini di Kaltim sangat banyak usaha kecil dan menengah yang memiliki usaha yang lancar tetapi tidak memiliki jaminan untuk memperoleh kredit dari perbankan, karena kategori usaha mereka adalah usaha kecil dan menengah saja.

Dengan adanya lembaga penjamin ini, maka usaha kecil dan menengah dapat memperoleh kredit dan bantuan dari perbankan sesuai dengan prosedur yang telah diatur oleh undang-undang perbankan.

"Saat ini lembaga penjamin yang akan kita bentuk telah disetujui oleh DPRD dengan modal awal yang disiapkan sebesar Rp500 miliar. Modal awalnya adalah 51 persen di provinsi dan 49 persen di kabupaten/kota," ujarnya.

Ditegaskannya, pendirian lembaga penjaminan ini merupakan bentuk nyata keberpihakan Gubernur Awang Faroek kepada usaha mikro, kecil dan menengah khususnya yang tergabung dalam koperasi.

Di Indonesia, lembaga penjaminan yang telah sukses menaungi dan memberikan bantuan kepada pengusaha kecil dan menengah adalah Provinsi Jawa Timur.

"Dengan adanya bantuan dari lembaga penjamin, nantinya usaha-usaha yang telah kapabel atau berjalan lancar dapat menjadi usaha yang bankable atau sesuai dengan prosedur ketentuan peraturan perbankan dalam mendapatkan kredit," ujarnya. (yul/hmsprov)

Tags

Newsletter Signup

Jadilah yang pertama mendapatkan update berita terbaru nasional news langsung di email Anda.