News Breaking
NNTV
wb_sunny

Breaking News

Mau Mudik? Pastikan Semua Siap dan Aman

Mau Mudik? Pastikan Semua Siap dan Aman

KALTIMTODAY -- MEMASUKI pekan terakhir Bulan Ramadhan sebagian besar kita umumnya sibuk mempersiapkan acara mudik. Ritual tahunan berkunjung ke sanak keluarga di kampung halaman yang dilakukan pada beberapa hari menjelang lebaran.

Suasana yang sangat menggembirakan, tidak saja bagi mereka yang hendak mudik tetapi bagi semua masyarakat Indonesia. Karena tiket transportasi akan terjual lebih banyak, pembelian kebutuhan sandang juga meningkat, serta kebutuhan pangan mengalami lonjakan. Semua ketiban berkah dengan tradisi mudik ini.

Menariknya, budaya mudik ini bisa dikatakan hanya ada di Indonesia. Sebuah bangsa yang memiliki tradisi menjaga silaturrahim sejak dahulu kala sebagai implementasi dari kesadaran religius. 

Selain itu, dengan adanya tradisi mudik ini, anak-anak yang masih kecil akan mengenal keluarganya di kampung ayah-ibunya, sehingga akan semakin memperkuat tali kekeluargaan yang belakangan mulai terkikis modernisme dari Barat.

Boleh dikatakan budaya mudik adalah identitas bangsa Indonesia. Meskipun pemerintah dalam beberapa hal terlihat tidak begitu sigap dengan identitas bangsa ini. Kecelakaan transportasi selalu saja terjadi di setiap tahun acara mudik ini. Perbaikan jalur provinsi akses antar kota di Kaltim misalnya, selalu terjadi setiap tahun. Ironi memang, tetapi semoga saja ke depan tidak lagi terjadi seperti itu.

Nah, dalam situasi yang sangat ramai dan penuh kegembiraan itu, Anda yang telah menetapkan agenda mudik jangan sampai lengah dalam mempersiapkan diri. 

Pastikan semua aman, sehingga perjalanan mudik Anda benar-benar menyenangkan dan mengesankan. Oleh karena itu kami dari www.kaltimtoday.com ingin menyampaikan beberapa hal penting buat Anda yang mungkin ingin mudik.

Pertama, pastikan semua barang bawaan yang dibutuhkan selama perjalanan tidak ada yang tercecer apalagi tertinggal.

Kedua, semua perangkat penting perjalanan Anda harus dipastikan berada pada tempat yang aman dan mudah dijangkau. Misalnya dompet, HP, surat berharga, jangan diletakkan di tas besar, yang kemungkinan ketika Anda naik bus atau angkot akan diletakkan di bagasi. Hal ini sangat rentan dan berbahaya.

Apabila itu terjadi tetap tenang, dan jangan pernah panik. Bersikaplah biasa, sebab di kanan-kiri tentu ada orang yang bisa membaca gerak-gerik Anda. Khawatir ada orang jahat yang mengetahui kondisi Anda lalu bertindak cepat mengambil barang yang sangat berharga bagi Anda.

Beberapa waktu lalu ada kejadian nahas yang patut menjadi pelajaran. Ada pemudik seorang ibu muda yang karena tergesa-gesa, meletakkan dompet, HP dan uang serta perhiasannya di dalam tas besar lalu dijebloskannya begitu saja di bagasi bagian luar bus yang akan ditumpangi.

Ketika sudah berada di atas bus dan mulai jalan, si ibu ini panik dan keceplosan bicara cukup keras yang didengar oleh sopir yang kurang tanggung jawab. “Waduh, dompet di bagasi, bagaimana, ya!?,” ujarnya kepada teman perjalanannya.

Sopir yang kurang tanggung jawab itu mendengar dan mengambil ancang-ancang untuk bisa memeriksa dan merogoh tas ibu muda tadi. Beberapa kali sopir pura-pura berhenti dan melihat bagasi. Tapi sang ibu muda tidak menyadarinya.

Akhirnya, sesaat sudah sampai di rumah, ketika hendak mengambil HP untuk menghubungi keluarganya ia baru sadar bahwa semuanya telah raib diambil oleh sopir angkutan tadi. Nah, benar kan kalau terburu-buru itu tidak membuat nyaman?.

Ketiga, berdoa dan teruslah berdoa agar kendaraan yang Anda gunakan dapat berjalan dengan aman sehingga selamat sampai tujuan. 

Demikian pembaca yang budiman, masukan sederhana buat Anda yang ingin merayakan lebaran di kampung halaman. Selamat berhari raya selamat berbahagia.


Tags

Newsletter Signup

Jadilah yang pertama mendapatkan update berita terbaru nasional news langsung di email Anda.