News Breaking
NNTV
wb_sunny

Breaking News

Mengenal Filsafat Barat, Yuk!

Mengenal Filsafat Barat, Yuk!

KALTIMTODAY -- Selama ini filsafat masih dianggap sebagai bahasan yang rumit, njelimet, dan bertele-tele. Bahkan ada yang sangat alergi dengan namanya filsafat. Mungkin selain bahasanya yang kata orang tinggi-tinggi, mahasiswa jurusan filsafat banyak yang gagal jadi filosof, he-he-he.
 
Tapi, suka nggak suka dengan filsafat, hidup kita hari ini sebenarnya tegak karena berdiri di atas landasan (filosofi). Nah, untuk zaman modern ini filsafat Barat adalah sumber dari segala pandangan hidup manusia di dalamnya. Ia mendominasi kehidupan dunia, meskipun filsafat lain masih ada, tetapi tidak begitu dominan.
 
Filsafat sederhananya adalah berpikir mendasar, radikal, dan komprehensif. Di dalamnya dikaji tentang apa itu kebenaran, keadilan, kemanusiaan, dan alam semesta. Kemudian dasar untuk melihat dan menilai serta menentukan apa ini dan apa itu, murni dari kemampuan rasio manusia.
 
Nah, sahabat kaltimtoday.com yang baik, Barat adalah peradaban yang menjadikan rasio sebagai rujukan utama dalam menentukan sesuatu benar atau salah. Barat menolak semua pandangan yang tidak sesuai dengan rasio. Seperti kehidupan setelah mati, dalam filsafat Barat itu hanya ilusi, dan ajaran theologi yang tidak perlu dikaji, karena memang tidak ada.
 
Filsafat Barat adalah filsafat yang bersumber dari pemikiran Bapak Filsafat Modern Barat, yaitu Rene Descartes. Bapak filsafat Barat itu populer dengan statementnya bahwa aku berpikir maka aku ada, “cogito ergo sum”. Dalam pengertian bebasnya kira-kira begini, ada akal maka cukuplah akal itu yang jadi dasar segala hal. 

Sehingga, wajar jika kemudian Filsafat Barat bercorak atheis alias anti Tuhan. Karena sudah merasa cukup hanya dengan akal saja. Oleh karena itu jangan kaget kalau orang Barat itu melihat agama tidak perlu. Lihat saja grafik penutupan gereja di Eropa, semakin tahun gereja aktif semakin menurun jumlahnya.
 
Filsafat Barat adalah sebutan yang digunakan untuk pemikiran-pemikiran filsafat dalam dunia Barat atau Occidental. Di Indonesia kajian Barat secara institusi ada di ISID Gontor Ponorogo. Di sana ada yang namanya CIOS (Center for Islamic and Occidental Studies). Artinya Pusat kajian Islam dan Barat. Bagi pembaca yang tertarik kajian Barat datang ke CIOS adalah satu permulaan yang baik.
 
Sekalipun disebut dengan filsafat Barat tidak berarti Barat yang dimaksud mengarah pada mata angin atau letak geografis. Ia merujuk pada aliran berpikir. Semua wilayah yang menerapkan berpikir rasional dan menegasikan agama itu namanya filsafat Barat.
 
Oleh karena itu, sekalipun berada di ujung timur bola bumi, Australia dikategorikan sebagai Barat. Hanya saja dalam dunia olahraga negeri kanguru itu tetap dianggap sebagai bagian dari Asia.
 
Indonesia tidak masuk dalam kategori Barat karena tidak sepenuhnya menerapkan cara pandang materialis-atheis. Meskipun dalam praktik kekinian filsafat Barat begitu nyata dirasa. Seperti penerapan ekonomi bunga yang membuat orang miskin tambah miskin dan kaya tambah kaya. Serta gaya politik yang menghalalkan segala cara. Pandangan seperti ini di Barat bisa ditelusuri dari seorang Nicholo Machiavelli.
 
Tetapi Turki sejak 1924 bersikukuh ingin masuk dalam kelompok Barat. Bukan saja karena geografis negerinya yang membentang di antara Eropa dan Asia. Lebih dari itu didorong oleh cara berpikir Mustafa Kemal Attaturk yang sekuler Barat.
 
Lebih lanjut, nanti ketika pembaca menyempatkan diri mengkaji filsafat Barat, Anda akan dikenalkan dengan nama-nama tokohnya.
 
Diantaranya adalah, John Locke, David Hume,  Karl Marx , Friedrich Engels, Georg Wilhelm Friedrich Hegel, Arthur Schopenhauer, Friedrich Nietzsche, John Dewey, dan Auguste Comte, juga Charles Darwin, serta masih banyak lagi nama-nama lainnya. 

Dan, pada prinsipnya, filsafat Barat adalah kreasi rasio yang harus dihargai tetapi tidak mesti kita ikuti untuk membangun negeri yang kita cintai ini. Bagaimana, asyik, kan, belajar filsafat?.


Foto: Ilustrasi/Wikimedia.org

Tags

Newsletter Signup

Jadilah yang pertama mendapatkan update berita terbaru nasional news langsung di email Anda.