News Breaking
NNTV
wb_sunny

Breaking News

Orang Kaltim, Bangun Tradisi Baca, Yuk!

Orang Kaltim, Bangun Tradisi Baca, Yuk!


KALTIMTODAY --  Dalam Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang perpustakaan telah mengamanatkan mengenai pembudayaan kegemaran membaca melalui tiga jalur, yakni, jalur keluarga dan jalur satuan pendidikan serta jalur masyarakat.

Kepala Badan Perpustakaan Daerah Hj Sri Sulasmi Retno mengatakan perpustakaan sebagai wahana belajar dalam proses belajar mengajar di sekolah dan interaksi masyarakat.

"Terutama dengan meningkatkan minat baca dan ketertarikan anak dalam lingkungan keluarga terhadap perpustakaan," ujarnya, belum lama ini.

Karenanya ketiga jalur tersebut baik keluarga yang difasilitasi pemerintah melalui buku murah dan berkualitas serta satuan pendidikan dengan mengembangkan dan memanfaatkan perpustakaan sebagai proses pembelajaran.

Termasuk masyarakat melalui penyediaan sarana perpustakaan di tempat umum yang mudah dijangkau, murah dan bermutu. Bahkan melalui kegiatan untuk mendirikan taman bacaan masyarakat, rumah baca serta pemberdayaan perpustakaan sebagai bentuk gerakan gemar membaca.

Diakui, yang diperlukan saat ini adalah kerjasama yang baik dari semua pihak dan kalangan baik pusat, pemerintah daerah, satuan pendidikan maupun masyarakat terlebih swasta untuk ikut meningkatkan dan mengembangkan kegemaran membaca.

Karena melihat fungsinya sebagai sarana pencerdas kehidupan masyarakat, perpustakaan menjadi salah satu komponen penting dalam pengembangan dan peningkatan mutu pendidikan.
Selain itu, perpustakaan dapat memberikan ketersediaan bahan bacaan yang murah, lengkap dan berkualitas kepada anak didik maupun warga sekitar sekolah.

"Begitu pentingnya peran perpustakaan dalam masyarakat, perlu diberikan perhatian lebih," ungkapnya.

Masalah yang dihadapi saat ini ujarnya, rendahnya minat baca anak-anak dan masyarakat. Bahkan budaya menbaca merupakan budaya yang masih asing dan belum dianggap sebagai suatu kebutuhan.

"Karenanya, saya mengajak agar seluruh stakeholders di bidang perpustakaan untuk memaksimalkan pemanfaatan perpustakaan untuk memenuhi kebutuhan pengguna perpustakaan, sekaligus guna menunjang proses belajar mengajar di sekolah serta peningkatan pengetahuan dan wawasan masyarakat," harap Sri Sulasmi.(yans/hmsprov)

Tags

Newsletter Signup

Jadilah yang pertama mendapatkan update berita terbaru nasional news langsung di email Anda.