News Breaking
NNTV
wb_sunny

Breaking News

Pulau Balang Hubungkan Balikpapan-Penajam

Pulau Balang Hubungkan Balikpapan-Penajam


KALTIMTODAY -- Tujuan membangun Jembatan Pulau Balang yang menghubungkan Kota Balikpapan dengan Kabupaten Penajam Paser Utara, merupakan upaya untuk meningkatkan pelayanan publik di sektor transportasi darat di Wilayah Selatan dan diharapkan akan menjadi bagian dari jaringan jalan Kalimantan poros selatan.

"Progres pembangunan Jembatan Pulau Balang yang dikerjakan dari anggaran APBD Kaltim telah mencapai 30 persen dan kegiatan pengerjaan telah berlangsung hingga saat ini dan ditargetkan penyelesaian pada 2015," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kaltim HM Taufif Fauzi usai rapat di Ruang Ruhui Rahayu belum lama ini.

Dijelaskan, jika anggaran APBN Rp1,6 trilliun untuk pembangunan bentang panjang sudah terealisasi, dimungkinkan dikerjakan secara bersamaan.

Namun dilihat situasinya, jelas dia, pembangunan Jembatan Pulau Balang memang mendesak dan harus segera diselesaikan, maka pusat menyetujui pembangunan dimulai pada 2012 dan sesuai kesepakatan bentang panjang berjarak 1.344 meter menjadi kewenangan pusat dengan dana APBN sedangkan bentang pendek dengan pembiayaan APBD Kaltim berjarak sekitar 470 meter dengan anggaran Rp 420 Milliar.

Dijelaskan, berdasarkan hasil rapat bersama beberapa perusahaan yang berlokasi di hulu jembatan bersama perusahaan pelayaran telah disepakati ketinggian jembatan menjadi 28 meter dari permukaan air.

Diharapkan ketinggian jembatan dibawah 28 meter atau sekitar 20 meter, karena akan mempengaruhi anggaran kontruksi. Saat ini masih dilakukan pengkajian teknis di Kementrian PU Pusat karena jembatan ini merupakan proyek nasional. Bentang panjang APBN telah siap dengan Rp1,6 triliun.

Sebelumnya Gubernur Kaltim, Dr H Awang Faroek Ishak memang menyatakan Jembatan Pulau Balang telah mendapat dikungan dana dari APBN yang nilianya mencapai Rp1,6 triliun.

"Kabar ini sangat menggembirakan kita, karena pusat merespon pembangunan infrastruktur di Kaltim," kata Awang Faroek Ishak.

Pembangunan jembatan tersebut sudah melalui tahapan sangat konferehensif dengan teknologi konstruksi modern yang mampu meminimalisir dampak lingkungan yang ditimbulkan dalam pelaksanaan pembangunan sarana umum. (sar/hmsprov).

Foto : Pembangunan Jembatan Pulau Balang terus dilakukan seperti yang terlihat untuk sisi Balikpapan (kiri) dan Sisi Penajam Paser Utara (kanan). (dok/humasprov kaltim)

Tags

Newsletter Signup

Jadilah yang pertama mendapatkan update berita terbaru nasional news langsung di email Anda.