News Breaking
NNTV
wb_sunny

Breaking News

Pusat Bantu Jembatan Balang Rp 1,6 Triliun

Pusat Bantu Jembatan Balang Rp 1,6 Triliun


KALTIMTODAY -- Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak menyatakan Jembatan Pulau Balang mendapatkan dukungan Rp1,6 trilliun dari APBN untuk pembangunan bentang panjang.

"Kabar ini tentu sangat menggembirakan karena pusat telah merespon pembangunan infrastruktur Kaltim. Kelanjutan pembangunannya akan di mulai Nopember ini," kata Awang Faroek dengan nada gembira sebelum Sidak ke Pasar Pagi, Senin (24/7) lalu dikutip kaltimtoday.com dari laman Pemprov Kaltim baru baru ini.

Sedangkan pembangunan bentang pendek juga sudah berjalan dengan dana APBD Kaltim. Pembangunan jembatan tersebut kata Awang sudah dilakukan melalui tahapan yang sangat konferehensif dengan menggunakan teknologi konstruksi modern agar mampu meminimalisir dampak lingkungan yang ditimbulkan.

"Tujuan pembangunan jembatan ini untuk menghubungkan Kota Balikpapan dengan Kabupaten Penajam Paser Utara, adalah satu upaya Pemprov untuk meningkatkan pelayanan publik di sektor transportasi darat di wilayah selatan dan diharapkan menjadi jaringan jalan Kalimantan Poros Selatan," jelasnya.

Bentuk perhatian pusat lainnya adalah terkait rencana kunjungan Wakil Menteri Pekerjaan Umum Hermanto Dardak ke Kaltim untuk melihat langsung pembangunan jalan sepanjang 17 kilometer di Maloy yang termasuk jalan nasional.

Hal ini, terang Awanf, menunjukan dukungan pemerintah pusat terhadap penyelesaian KIPI Maloy. Kunjungan ini sekaligus menjadi bukti keseriusan Pemerintah Pusat untuk mendukung percepatan pembangunan Kaltim.

"Dengan kunjungan Wamen PU, diharapkan bisa menilai keseriusan Kaltim untuk membangun KIPI Maloy dan sejumlah program lain, sehingga mendapat perhatian khusus dari Pemerintah Pusat," kata Awang.

Pemprov Kaltim akan membangun infrastruktur dan kawasan Maloy dengan dana sekitar Rp100 milliar dan tahun ini juga akan membangun kantor badan pengelola plus perumahannya.

"Kementrian Perindustrian juga akan membangun tangki timbun, Perusda bekerjasama dengan Pelindo akan membangun pelabuhan, juga ada 10 perusahaan perkebunan yang akan membangun di kawasan tersebut. Pada 2013 nanti kawasan Maloy sudah ramai pembangunan," demikian Awang Faroek Ishak.

Foto : Maket Jembatan Pulau Balang.(dok/humasprov kaltim)

Tags

Newsletter Signup

Jadilah yang pertama mendapatkan update berita terbaru nasional news langsung di email Anda.