News Breaking
NNTV
wb_sunny

Breaking News

Tambang Harus Berkontribusi Untuk Masyarakat

Tambang Harus Berkontribusi Untuk Masyarakat


KALTIMTODAY -- Kehadiran perusahaan pertambangan di satu kawasan sudah semestinya mampu memberikan pengaruh peningkatan ekonomi masyarakat secara berkelanjutan. 

Peningkatan ekonomi berkelanjutan yang dimaksud sangat mungkin dilakukan dalam bentuk dukungan perusahaan untuk pengembangan pertanian masyarakat melalui pelaksanaan program community development (comdev) atau community social responciblity (CSR).

"Pemerintah selalu menyerukan agar perusahaan yang beroperasi di Kaltim harus memberikan kontribusi terhadap upaya peningkatan ekonomi masyarakat melalui program CSR. Lebih baik lagi," kata Kepala Bidang Pertambangan Umum Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) Kaltim, Frediansyah pada acara panen perdana padi bebas pestisida Kelompok Tani Jaya, Desa Bukit Pariaman, Kecamatan Tenggarong Seberang, Kutai Kartanegara, Senin (16/7) lalu.

Menurut dia. jika dukungan itu diberikan untuk pengembangan pertanian dalam arti luas karena itu akan lebih menjamin masa depan masyarakat sekitar perusahaan paska berakhirnya operasional perusahaan.

Panen perdana padi bebas pestisida di hamparan seluas 40 hektare milik anggota Kelompok Tani Jaya itu merupakan pelaksanaan program CSR yang dilakukan PT Mahakam Sumber Jaya (MSJ), salah satu perusahaan tambang di Kaltim yang mengarahkan program CSR untuk mendukung pengembangan pertanian masyarakat sekitar operasional tambang.

Frediansyah menambahkan, program CSR dalam bentuk pelatihan pengelolaan pertanian padi yang benar, bantuan benih dan berbagai teknik pengolahan pupuk organic yang diterapkan PT MSJ secara langsung akan memberi dampak positif bagi peningkatan ekonomi masyarakat secara berkelanjutan.

"Kami mengimbau agar semua perusahaan pertambangan di Kaltim melakukan hal yang sama seperti yang dilakukan PT MSJ dalam program CSR mereka. Dengan catatan, tetap menyesuaikan kondisi dan potensi masyarakat sekitar tambang," tegas Frediansyah.

Sementara itu, Camat Tenggarong Seberang Totok Sunarto mengatakan pembinaan dan pola kemitraan yang dikembangkan perusahaan ini sudah sejak lama dinantikan masyarakat. Ia berharap pola kemitraan ini bisa terus dilanjutkan dan dikembangkan ke desa-desa yang lain sehingga jangkauan peningkatan kesejahteraan masyarakat bisa lebih diperluas lagi.

"Perusahaan sudah melakukan program ini dengan sangat baik untuk membantu masyarakat. Sebaliknya, masyarakat harus menyambut baik program ini dan menunjukkan kesungguhan hati untuk terus meningkatkan hasil produksinya," harap Totok.

Sedangkan Kepala Teknik Tambang PT MSJ, Hari Harianto menjelaskan bahwa perusahaan ini memiliki komitmen yang kuat untuk memperhatikan penerapan CSR yang tepat bagi masyarakat. Salah satunya dilakukan dengan menempatkan community development officer (CDO) di sembilan desa yang berada di areal perusahaan dengan tema "Bertani Sehat Cerdas dan Mandiri".

"CDO ini yang turun ke lapangan dan berdiskusi dengan masyarakat tentang apa yang terbaik dikerjakan oleh masyarakat dan perusahaan. Jadi, CSR kami, juga tetap melibatkan masyarakat," kata Hari.

Khusus untuk pengembangan demplot pertanian padi bebas pestisida di Desa Bukit Pariaman, Tenggarong Seberang, Hari mengungkapkan dengan penerapan pola pertanian yang efektif dan efisien, hasil panen padi masyarakat meningkat cukup signifikan.

"Sebelum program kemitraan ini dikembangkan, gabah kering giling (GKG) petani sekitar 4 ton perhektar. Saat ini dengan pengelolaan yang lebih baik, hasil panen petani mencapai 8 ton perhektare," ucap Hari.

Program CSR ini juga melibatkan kerjasama instansi tehnis terkait,baik di provinsi maupun Kabupaten Kutai Kartanegara. (sul/hmsprov)

Foto: Kabid. Pertambangan Umum Distamben Frediansyah dan Camat Tenggarong Seberang Totok Sunarto melakukan panen padi di Desa Bukit Pariaman yang merupakan kawasan binaan CSR PT SMJ. Program CSR harus diarahkan untuk peningkatan ekonomi masyarakat secara berkelanjutan paska tambang. (samsul arifin/humasprov)

Tags

Newsletter Signup

Jadilah yang pertama mendapatkan update berita terbaru nasional news langsung di email Anda.