News Breaking
NNTV
wb_sunny

Breaking News

Technopark Harus Dukung Pembangunan Daerah

Technopark Harus Dukung Pembangunan Daerah

FOTO: Maket Technopark di Kota Bontang/Bisesagroup.com

KALTIMTODAY -- Rencana pembangunan Kalimantan Technopark diharapkan mendukung pembangunan daerah, baik pembangunan infrastruktur, ekonomi masyarakat hingga Sumber Daya Manusia (SDM).

Kalimantan Tenhnopark akan dibangun di wilayah Pelabuhan Kariangau yang posisinya berdekatan dengan Kampus Institut Teknologi Kalimantan (ITK) di Kilometer 13 Balikpapan.

"Harapan pemerintah, Kalimantan Technopark yang direncanakan harus memberi dampak positif bagi percepatan pembangunan daerah," kata Kepala Balitbangda Kaltim, Halda Arsyad, di Samarinda belum lama ini.

Sesuai arahan Gubenur Awang Faroek, pembangunan Kalimantan Technopark di Balikpapan dimaksudkan untuk mewujudkan visi Indonesia sebagai negara maju dan sejahtera pada tahun 2025.

Melalui Kalimantan Technopark itu kelak diharapkan terbangun link yang permanen antara perguruan tinggi (akademisi), pelaku industri, bisnis, finansial dan pemerintah.

"Pemprov berupaya menggabungkan ide, inovasi dari dunia akademik dan kemampuan finansial atau marketing dari dunia bisnis," jelasnya.

Setelah adanya ide dan inovasi dari dunia akademik dan kemampuan financial dari dunia bisnis terhadap program pemerintah ini, diharapkan mampu meningkatkan dan mempercepat pengembangan produk yang dihasilkan dari daerah serta mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk memindahkan produk yang dapat dipasarkan di masyarakat.

Halda mengatakan, jika Technopark ini terwujud pembangunannya, diyakini mampu mengembangkan ekonomi masyarakat agar lebih baik. Bahkan, dapat menciptakan lingkungan yang kondusif untuk merangsang pertumbuhan perusahaan di daerah, yakni dengan menyediakan sarana pendukung di bidang pemasaran, manajemen dan bidang teknik untuk perusahaan yang berstatus hanya sewa lahan.
Misal, lanjut dia, perusahaan yang bergerak di sektor pertambangan yang berkantor pusat di Jakarta. Mereka harus menyewa di kawasan Kalimantan Technopark.

Saat kunjungan kerja Gubernur Kaltim ke Kota Bontang, beberapa waktu lalu, Pemkot Bontang juga mengusulkan pembangunan Technopark untuk pengembangan sektor pertambangan, perikanan dan kelautan. (jay/hmsprov)

Tags

Newsletter Signup

Jadilah yang pertama mendapatkan update berita terbaru nasional news langsung di email Anda.