News Breaking
NNTV
wb_sunny

Breaking News

Ayo, Bung! Jadilah Manusia Inisiator!

Ayo, Bung! Jadilah Manusia Inisiator!


KALTIMTODAY -- JANGAN tunggu perubahan, tapi ciptakanlah perubahan. Jangan tunggu peluang, tapi ciptakanlah peluang. 

Demikianlah motivasi yang kerap disuntikkan kepada generasi muda untuk berani mengambil langkah menciptakan momentum untuk sebuah perubahan. Jadilah inisiator.

Secara bahasa inisiator berarti orang yang mempunyai inisiatif; yang mempunyai pra-karsa; yang memprakarsai sebuah gagasan baru yang berguna bagi kehidupan umat manusia. 

Dalam dunia sains dan teknologi, inisiator bisa disebut juga sebagai penemu. Meskipun makna inisiator juga bisa diperluas di bidang lainnya, sekalipun mungkin skala manfaat yang dihasilkannya tidak mendunia. Tetapi, bagaimanapun, inisiator tetaplah orang unggul, karena telah tekun bekerja dan berkarya demi kehidupan umat manusia.

Nah, di sini, pembaca kaltimtoday.com yang budiman, kita akan bahas beberapa penemuan penting dalam sejarah dunia. Di antaranya adalah sebagai berikut:

Pertama, operasi bedah. Sekitar tahun 1000, seorang dokter Al Zahrawi mempublikasikan 1500 halaman ensiklopedia berilustrasi tentang operasi bedah yang digunakan di Eropa sebagai referensi medis selama lebih dari 500 tahun. 

Diantara banyak penemu, Zahrawi yang menggunakan larutan usus kucing menjadi benang jahitan, sebelum menangani operasi kedua untuk memindahkan jahitan pada luka. Dia juga yang dilaporkan melakukan operasi caesar dan menciptakan sepasang alat jepit pembedahan.

Kedua, mesin terbang. Abbas ibn Firnas adalah orang pertama yang mencoba membuat konstruksi sebuah pesawat terbang dan menerbangkannya. Di abad ke-9 dia mendesain sebuah perangkat sayap dan secara khusus membentuk layaknya kostum burung. 

Dalam percobaannya yang terkenal di Cordoba Spanyol, Firnas terbang tinggi untuk beberapa saat sebelum kemudian jatuh ke tanah dan mematahkan tulang belakangnya. Desain yang dibuatnya secara tidak terduga menjadi inspirasi bagi seniman Italia Leonardo da Vinci ratusan tahun kemudian.

Ketiga, universitas. Pada tahun 859 seorang putri muda bernama Fatima al-Firhi mendirikan sebuah universitas tingkat pertama di Fez Maroko. Saudara perempuannya, Miriam, mendirikan masjid indah secara bersamaan menjadi masjid dan universitas al-Qarawiyyin dan terus beroperasi selama 1.200 tahun kemudian. Dan, universitas tertua di dunia adalah universitas Al-Azhar Kairo.

Keempat, Aljabar, seperti telah disajikan sebelumnya. Kata aljabar berasal dari judul kitab matematikawan terkenal Persia abad ke-9, Kitab al-Jabr Wal-Mugabala, yang diterjemahkan ke dalam buku The Book of Reasoning and Balancing

Membangun akar sistem Yunani dan Hindu, aljabar adalah sistem pemersatu untuk nomor rasional, nomor tidak rasional dan gelombang magnitudo. Matematikawan lainnya Al-Khawarizmi juga yang pertama kali memperkenalkan konsep angka menjadi bilangan yang bisa menjadi kekuatan. 

Itulah beberapa contoh inisiatif manusia-manusia yang tekun dalam berkarya dan bekerja. Jerih payahnya untuk memberikan sumbangsih yang positif bagi kelangsungan kehidupan manusia, menjadikan mereka berhasil menemukan hal-hal baru yang sangat berguna bagi kelangsungan era selanjutnya.

Indonesia, sangat membutuhkan para inisiator. Siapa lagi yang diharapkan selain generasi muda hari ini. Pahamilah bahwa, today is future!. Maka, desainlah diri kita sejak sekarang untuk menjadi inisiator masa depan Indonesia yang lebih baik. Semoga.


Tags

Newsletter Signup

Jadilah yang pertama mendapatkan update berita terbaru nasional news langsung di email Anda.