News Breaking
NNTV
wb_sunny

Breaking News

"Generasi Muda Jangan Jadi Pengangguran"

"Generasi Muda Jangan Jadi Pengangguran"

KALTIMTODAY -- Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak mengajak generasi muda agar tetap memiliki semangat untuk melanjutkan pendidikan dan kemudian turut berpartisipasi mendukung pembangunan daerah. Generasi muda harus mampu memberikan prestasi, memiliki dedikasi, menjaga loyalitas dan menjauhkan diri dari perilaku-perilaku tercela.

"Generasi muda harus memiliki semangat yang tinggi untuk melanjutkan pendidikan dan kemudian bekerja. Generasi muda harus punya semangat kuat untuk tidak menjadi penganggur," kata Awang Faroek usai memberi arahan pada Pendidikan dan Pelatihan Fungsional Muda Partai Golkar di Balikpapan, Sabtu (1/9).

Seruan kepada para generasi muda itu menurut Awang Faroek sangat beralasan, sebab pemerintah sudah memberikan perhatian yang sangat besar untuk pembangunan sumber daya manusia, khususnya bidang pendidikan di daerah ini.

Gubernur menyebutkan, sejak menjadi orang nomor satu di Kaltim, alokasi pembangunan pendidikan telah mencapai 20 persen dari APBD Kaltim. Bantuan diberikan dalam bentuk bantuan operasional sekolah (BOS), program beasiswa pelajar/mahasiswa, guru dan dosen dan pembangunan sarana dan prasarana pendidikan, bukan hanya di daerah perkotaan tetapi juga di daerah pedalaman, terpencil hingga perbatasan. Hal yang sama pun telah dilakukan dalam upaya peningkatan kesejahteraan guru.

"Kualitas pendidikan di daerah perkotaan dan pedalaman harus sama. Tingkat kelulusan di daerah perbatasan pun ada yang mencapai seratus persen. Ini bukti bahwa Pemprov memiliki perhatian yang sangat besar untuk penyiapan sumber daya manusia di Kaltim," kata Awang.

Karena itu, tidak ada alasan bagi generasi muda untuk tidak bersemangat melanjutkan pendidikan. Semua bisa melanjutkan studi karena Pemprov telah menyiapkan beasiswa yang sangat besar. Selain itu, Pemprov Kaltim telah memperjuangkan pendirian Institut Teknologi Kalimantan (ITK) di Balikpapan dan Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) di Tenggarong.

"Mahasiswa angkatan pertama ITK dan ISBI saat ini kami titipkan di Institut Teknologi Surabaya (ITS) dan Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta. Kami berharap, kelak mereka akan bekerjadi Kaltim untuk membantu pembangunan di daerah ini. Semua pemuda harus memiliki semangat itu," tegas Awang. (sul/hmsprov)

Foto: Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak pada diklat fungsional muda Golkar, mengajak generasi muda agar tetap memiliki semangat untuk melanjutkan pendidikan dan kemudian turut berpartisipasi mendukung pembangunan daerah. (samsul/humasprov kaltim).

Tags

Newsletter Signup

Jadilah yang pertama mendapatkan update berita terbaru nasional news langsung di email Anda.