News Breaking
NNTV
wb_sunny

Breaking News

Heii... Jangan Jadi Penakut, Ente!

Heii... Jangan Jadi Penakut, Ente!

KALTIMTODAY -- BERANI. Ya, kata ini sangat populer di masyarakat. Hanya saja, terkadang berani dimaknai agak serem. Karena perilaku berani sering hanya disematkan pada aksi kelompok preman, perampok, dan pencuri. Padahal, berani tidak identik dengan kejahatan. 

Berani bisa diterapkan dalam berbagai hal. Nah, di sini kita akan membahas bagaimana menerapkan keberanian sesuai dengan usia, status dan tugas serta kewajiban kita sebagai seorang anak manusia. Pasti Anda pesanaran, kan, bagaimana caranya? Ikuti terus tulisan ini.

Pernah kan suatu saat, ketika sedang kuliah atau belajar di kelas sempat ketinggalan penejasan guru atau dosen, sehingga tidak memahami penjelasan dengan baik dan utuh. Mungkin pernah bahkan boleh jadi ada yang sering mengalaminya.

Pertanyaannya kemudian, apakah dalam kondisi seperti itu, ketika masuk sesi diskusi atau tanya jawab kita berani mengacungkan jari dan menyampaikan pertanyaan terkait dengan hal-hal yang belum dipahami?.

Mungkin ada yang berani, tetapi mayoritas tidak berani. Hati kecilnya mendorong untuk bertanya, tetapi ada bisikan lain yang menahannya untuk tetap diam seribu bahasa. Akhirnya, proses belajar dan mengajar berjalan hambar dan tanpa makna. Karena ketika dan masuk sama-sama kosong, tidak paham dan tidak tahu.

Inilah sebenarnya penyebab kebanyakan siswa atau mahasiswa tidak begitu enjoy dengan tradisi belajar. Akibatnya, kuliah ataupun sekolah dijalani biasa-biasa saja. 

Apa masalahnya, satu saja, tidak berani bertanya. Akibatnya fatal, akhirnya tidak paham, tidak semangat, dan boleh jadi tidak lulus ujian. Padahal, setiap jiwa dibekali Tuhan sifat berani. Tetapi kenapa jika dalam kebaikan mayoritas manusia tidak berani?.

Berani dalam hal positif dan konstruktif mutlak diperlukan. Jangan sampai ada sikap pengecut dalam diri, apalagi jika itu berkaitan langsung dengan masalah ilmu. Ketakutan itu harus ditinggalkan dan berlatihlah untuk berani bertanya, diskusi, bahkan mungkin presentasi dalam sebuah forum kajian.

Sekali saja berhasil memberanikan diri untuk bertanya apalagi mengemukakan pendapat ketika belajar atau ketika di dalam sebuah forum kajian, beberapa saat setelah itu akan muncul sebuah kepuasan mental yang sangat baik. Cuman jika baru sekali, kedua dan ketiga masih butuh dorongan untuk berani. Tetapi, ketika sudah terbiasa, hal seperti itu akan sangat asik dan menyenangkan.

Berani bertanya berarti siap berilmu. Siap berilmu berarti siap menjadi pemberani. Faktanya, dalam sejarah tidak satu pun manusia yang berani memberantas kejahatan dan kemunkaran, melainkan orang yang berilmu. 

Dengan kata lain, berani di kelas akan mendorong siapa saja untuk menjadi pemberani unggulan. Pemberani yang dinanti-nantikan rakyat dan seluruh bangsa Indonesia. Dengan syarat, tetap berani mengemban kebenaran sebagai dasar watak dan perilakunya.

Sebagai bukti para pemberani dalam kebenaran ilmu mungkin riwayat Nicolaus Copernicus layak diperhatikan. Atas ketajaman ilmunya ia mengatakan bahwa pusat galaksi di alam ini adalah matahari. Sementara gereja mengatakan pusat galaksi adalah bumi.

Keberanian Copernicus yang juga seorang anak muda yang haus akan ilmu pengetahuan tergambar dalam salah satu ungkapannya yang mengatakan: 

“Ada beberapa 'pembual' yang berupaya mengkritik karya saya, padahal mereka sama sekali tidak tahu matematika, dan dengan tanpa malu menyimpangkan makna beberapa ayat dari Tulisan-Tulisan Kudus agar cocok dengan tujuan mereka, mereka berani mengecam dan menyerang karya saya; saya tidak khawatir sedikit pun terhadap mereka, bahkan saya akan mencemooh kecaman mereka sebagai tindakan yang gegabah”.

Copernicus tetap bertahan dengan teorinya yang lebih empiris berdasarkan fakta dan eksperimen. Akhirnya dia dihukum mati oleh kalangan gereja. Mengapa demikian, karena keberanian tidak akan dimiliki kecuali oleh orang yang berakal sehat dan komitmen dengan kebenaran. Bukan kepentingan semu!.

Foto: Ilustrasi/eHow.com

Tags

Newsletter Signup

Jadilah yang pertama mendapatkan update berita terbaru nasional news langsung di email Anda.