Jaga Kerukunan Antar Umat Beragama


KALTIMTODAY -- Ketua Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Kaltim, H. Asmuni Alie, mengatakan Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak sangat peduli dengan keberadaan Forum Deteksi Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kaltim dan FKUB. Kedua forum ini dinilai mampu menjaga dan mengawal kerukunan masyarakat Kaltim.

"Gubernur sangat peduli dan mendukung keberaaan FKUB maupun FKDM karena kedua forum ini, dinilai mampu menciptakan kerukunan umat beragama di Kaltim," kata Asmuni Alie di sela-sela acara di BKKBN Kaltim, beberapa waktu lalu.

Asmuni juga mengharapkan kepada tokoh-tokoh agama di Kaltim agar jangan terpengaruh dengan isu-isu yang tidak bertanggung jawab yang mengakibatkan keresahan umat. Lebih penting lagi, mereka harus mampu menjaga persatuan dan kesatuan umat, sebab tidak dipungkiri masih ada masyarakat yang masih memiliki pemahaman agama yang rendah. Hal ini sangat potensial memunculkan kesalahpahaman antarumat dan penganut agama lain.

FKUB juga mengimbau agar seluruh Majelis Agama di Kaltim selalu mengingatkan warganya untuk menjaga toleransi umat beragama, sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Dijelaskan, para pemeluk agama harus bisa memahami agamanya masing-masing dengan baik. Karena semakin minim pemahaman agama seseorang maka bisa memunculkan kesalahpahaman antarumat. Oleh karena itu pihaknya terus menyosialisasikan pentingnya toleransi antar umat beragama.

"Mari kita hilangkan perbedaan dan cari persamaan. Sesuai arahan Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak, FKUB diminta berperan dalam memberdayakan kearifan lokal sebagai sistem perekat sosial, dan memaksimalkan partisipasi sosial dalam penciptaan kerukunan," ujar Asmuni.

Selain itu FKUB, selalu siap menampung dan menerima aspirasi yang disampaikan seluruh masyarakat di Kaltim berkenaan dengan pencegahan terjadinya konflik antarumat beragama. Caranya, dengan banyak melakukan silaturrahmi antar umat beragama, baik bertemu dengan tokoh dari masing-masing agama dan tokoh-tokoh pemuda.

Di samping itu, FKUB terus mengadakan dialog untuk menjaring aspirasi masyarakat di berbagai kabupaten dan kota di Kaltim. Ia mengakui, masih ada sumber konflik di Kaltim, namun sejauh ini semua bisa diatasi secara lebih dini sehingga tidak meluas.

"Kalau kondisi Kaltim terus kondusif tentunya pembangunan yang dilakukan Pemprov Kaltim juga berjalan lancar dan hasilnya juga akan dinikmati masyarakat. Oleh karena itu mari kita dukung program-program pembangunan yang dilakukan Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak dalam program Kaltim Bangkit," demikian Asmuni Alie. (sar/hmsprov).

Foto: Ketua Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Kaltim, H. Asmuni Alie (depan, empat dari kanan).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel